5 Hal Identik Dengan Tahun Baru Imlek yang Menarik Diketahui

Perayaan Tahun Baru Imlek merupakan salah satu momen spesial yang ditunggu bagi seluruh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Pasalnya saat tahun baru tersebut, masyarakat Tionghoa dapat berkumpul dan merayakan malam tahun baru bersama dengan keluarga dan orang-orang tercinta.

Dalam tahun baru china, terdapat beragam benda atau kegiatan yang identik dan memiliki makna simbolis yang terdapat dalam perayaan ini. Kali ini SIP Travel ingin memberikan informasi seputar hal yang identik dengan  tahun baru Imlek yang bisa KeluargaSIP ketahui. Penasaran apa saja? Simak pembahasannya dibawah ini

1. Barongsai

Barongsai atau tarian singa Tionghoa merupakan salah satu ikon yang sangat identik dengan perayaan Tahun Baru China. Pertunjukan barongsai menjadi daya tarik tersendiri dan seringkali menjadi momen yang dinantikan oleh masyarakat. Barongsai sering dilengkapi dengan aksesoris tambahan seperti bola dan gulungan kertas berwarna yang melambangkan keberuntungan. Pada beberapa pertunjukan, barongsai juga dapat menampilkan atraksi dengan memanjat tiang atau melakukan lompatan tinggi.

Tradisi barongsai berasal dari kepercayaan bahwa tarian ini dapat mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan. Selama pertunjukan, barongsai kadang-kadang “memakan” selendang merah yang dianggap sebagai simbol nasib buruk. Pertunjukan barongsai telah menjadi bagian dari perayaan Tahun Baru china sehingga menciptakan suasana meriah dan semangat kebersamaan di tengah masyarakat yang merayakan.

2. Angpao

Hal yang identik dengan perayaan tahun baru imlek berikutnya dan bisa KeluargaSIP ketahui adalah angpao. Angpao, yang berarti “amplop merah,” dianggap sebagai simbol keberuntungan, kebahagiaan, dan kesuksesan dalam budaya Tionghoa. Warna merah dipercayai memiliki kekuatan untuk mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan. Angpao sering dihias dengan desain-desain imlek yang menggambarkan simbol-simbol keberuntungan, seperti angka-angka yang berarti keberuntungan, karakter Tionghoa untuk keberuntungan, atau gambar naga dan singa.

Angpao biasanya diberikan oleh orang-orang yang sudah menikah kepada anak-anak, lajang, atau yang belum menikah. Pemberian Angpao diharapkan dapat memberikan dukungan finansial dan keberuntungan kepada penerima. Tradisi angpao juga mencerminkan nilai-nilai kekeluargaan dan saling berbagi dalam budaya Tionghoa. Angpao telah menjadi tradisi yang tetap dalam perayaan Imlek, menciptakan momen kebahagiaan dan berbagi di antara keluarga dan teman-teman

3. Petasan dan Kembang Api

Petasan dan Kembang Api juga menjadi hal yang identik dengan perayaan tahun baru China. Hal itu dikarenakan, penggunaan kembang api dalam perayaan Tahun Baru Imlek memiliki makna simbolis yang sangat mendalam. Masyarakat Tionghoa memiliki kepercayaan bahwa bunyi keras dari kembang api dapat mengusir roh jahat dan monster “Nian” dalam mitologi cina. Suara keras dan cahaya terang dari kembang api diharapkan dapat membersihkan suasana negatif dan membawa keberuntungan untuk tahun yang baru.

Selain itu, tampilan cahaya dan warna-warni dari kembang api juga dianggap sebagai simbol kegembiraan dan semangat perayaan. Oleh karena itu, penggunaan kembang api saat perayaan Imlek menjadi suatu tradisi yang diwarisi secara turun-temurun. Di banyak komunitas Tionghoa di seluruh dunia, pesta kembang api menjadi pemandangan yang meriah dan sangat dinantikan sebagai bagian yang identic dari perayaan Tahun Baru Imlek.

4. Warna Merah

Hal yang identik dengan perayaan tahun baru imlek selanjutnya dan bisa KeluargaSIP ketahui adalah warna merah. Dalam tradisi Cina, merah dianggap sebagai warna yang membawa keberuntungan, kebahagiaan, dan kemakmuran. Selain itu juga, Penggunaan warna merah dalam perayaan Imlek juga dikaitkan dengan legenda tentang Nian,. Oleh karena itu, warna merah dianggap dapat mengusir makhluk jahat dan membawa perlindungan.

Penggunaan warna merah tidak hanya terbatas pada dekorasi rumah dan pakaian, tetapi juga dapat ditemukan dalam berbagai elemen perayaan, seperti lampion, hiasan dinding, dan ornament lainnya. Dengan demikian, penggunaan warna merah dalam perayaan Imlek tidak hanya menjadi bagian estetika, tetapi juga mengandung makna yang mendalam untuk membawa keberuntungan dalam menyambut tahun baru china

5. Lampion

Hal identik dengan perayaan tahun baru Imlek yang terakhir dan bisa KeluargaSIP ketahui adalah Lampion merah. Penggunaan lampion dalam perayaan ini memiliki makna simbolis yang mendalam dalam budaya Tionghoa. Pasalnya Lampion merah seringkali dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran. Oleh karena itu, hiasan unik ini akan digantung atau ditempatkan di sekitar rumah agar membawa keberuntungan dan kesejahteraan untuk keluarga yang merayakan.

Seperti halnya kembang api, lampion juga dapat dianggap sebagai cara untuk mengusir roh jahat atau energi negatif dari rumah dan lingkungan sekitarnya. Di beberapa tradisi, lampion juga dianggap sebagai penerangan bagi roh leluhur yang kembali selama perayaan Tahun Baru China. Penggunaan lampion merah menjadi bagian dari dekorasi Tahun Baru Imlek. Dengan keindahan serta makna simbolis didalamnya, membuat lampion menjadi hal yang identik dalam perayaan tahun baru imlek.

Penutup

Dari artikel yang telah dibahas ini, dapat disimpulkan bahwa Barongsai, Angpao, Kembang Api, Warna merah dan lampion merupakan beberapa benda atau kegiatan yang identik dalam perayaan Tahun baru Imlek. Dengan nilai-nilai simbolis dan tradisi yang terkandung, dapat memberikan kegembiraan sehingga menciptakan momen yang penuh kehangatan dan kebersamaan dalam menyambut tahun baru imlek.

Demikian informasi yang bisa SIP Travel sampaikan terkait 5 hal yang identik dengan perayaan tahun baru imlek yang bisa KeluargaSIP ketahui. Terima kasih karena sudah membaca artikel ini. Semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan KeluargaSIP semua.

Bagi KeluargaSIP yang ingin liburan saat tahun baru imlek. Kalian bisa wujudkan rencana liburan kalian dengan menggunakan jasa dan layanan dari SIP Travel. Pastinya dengan menggunakan jasa kami, rencana liburan kalian akan lebih mengasyikan dan memberikan pengalaman yang berkesan.

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

  • All Post
  • Akomodasi
  • Aktivitas
  • Atraksi
  • Budaya
  • Hotel
  • Indonesia
  • Informasi
  • Marketing
  • Pedia Indonesia
  • Pedia Internasional
  • Rekomendasi
  • RekomendaSIP Akomodasi
  • RekomendaSIP Kuliner
  • RekomendaSIP Liburan
  • SIPedia Destinasi
  • SIPedia Kuliner
  • Tips Liburan

© 2023 SIP TRAVEL