Mengulik Sederet Fakta Tentang China yang Menarik Diketahui

China menjadi salah satu negara yang terkenal karena menyimpan keindahan alam dan budaya yang luar biasa sebagai tujuan destinasi wisata di Asia. Nah, sebelum KeluargaSIP mengunjungi Negeri Tirai Bambu, kalian juga bisa mengetahui dahulu sederet fakta menarik tentang China yang jarang diketahui orang lho.  Dengan memiliki beragam hal menarik yang terdapat di China. Kali ini SIP Travel ingin memberikan informasi terkait fakta tentang China yang bisa KeluargaSIP ketahui. Penasaran apa saja? Simak pembahasannya dibawah ini

1. Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia

Fakta tentang China yang pertama dan menarik untuk KeluargaSIP ketahui adalah menjadi salah satu negara yang memiliki populasi penduduk terbanyak di dunia. Saat ini, diketahui Negara China memiliki populasi penduduk sebanyak 1,44 miliar orang. Kepadatan penduduk tersebut memang cukup tinggi, terutama di daerah-daerah perkotaan yang padat penduduk.

Pertumbuhan jumlah penduduk yang terjadi di China, salah satunya dipengaruhi oleg angka kelahiran yang juga cukup tinggi. Oleh karena itu, setiap tahunnya, kenaikan jumlah penduduk di China menjadi tidak terkendali. Dengan jumlah penduduk yang sangat banyak tersebut, membuat populasi di Tiongkok melebihi populasi negara lain seperti amerika Selatan, Eropa, Amerika Serikat hingga Selandia Baru.

2. Negara Terluas Ketiga di Dunia

Fakta tentang China selanjutnya yang menarik untuk KeluargaSIP ketahui adalah menjadi salah satu negara terluas ketiga di dunia. Selain menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, China juga merupakan salah satu negara dengan luas terbesar ketiga di dunia selain Rusia dan Kanada lho. Dengan luas wilayah sekitar 9.706.961 kilometer persegi, Tiongkok memiliki keragaman lanskap yang mencakup pegunungan, dataran tinggi, sungai-sungai besar, dan wilayah pesisir yang panjang. Luasnya wilayah Tiongkok menciptakan keragaman tidak hanya dalam aspek geografis, tetapi juga budaya. Oleh karena itu, Setiap wilayah di Negara China memiliki karakteristik uniknya sendiri, dari bahasa dan adat istiadat hingga kuliner dan seni.

3. The Great Wall sebagai Bangunan Terpanjang di Dunia

The Great Wall juga bisa menjadi salah satu fakta tentang China yang menarik untuk KeluargaSIP ketahui. Tembok besar atau The Great Wall yang terdapat di negara China ini, menjadi salah satu bangunan terpanjang di dunia yang dibangun oleh manusia. Tembok besar china ini memiliki panjang sekitar lebih dari 21.196 km dengan usia yang sudah lebih dari 2300 tahun sehingga menjadikannya sebagai salah satu peninggalan bersejarah tertua dan paling megah di dunia.

Pembangunan tembok ini dimulai pada abad ke-7 SM dan terus berkembang selama beberapa periode dinasti yang berbeda. Dengan sejarah dan kemegahannya, membuat The Great Wall diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Keindahan arsitekturnya dan peran historisnya dalam mempertahankan China membuatnya menjadi daya tarik utama bagi wisatawan dari seluruh dunia.

4. Salah satu negara tertua di Dunia

Fakta tentang China selanjutnya yang menarik untuk KeluargaSIP ketahui adalah menjadi salah satu negara yang memiliki sejarah peradaban yang sangat panjang. Dinasti Xia pada 2070-1600 SM merupakan dinasti pertama di Tiongkok yang bertahan hingga Dinasti Qing pada tahun 1912. Pada tahun 1949, China mengalami transformasi besar ketika Republik Rakyat Tiongkok didirikan, menandai awal dari peradaban modern Tiongkok.

Periode ini menyaksikan perubahan politik, ekonomi, dan sosial yang besar di Tiongkok. Dengan sejarahnya yang melampaui 3.500 tahun, peradaban Tiongkok telah menjadi salah satu dari empat peradaban kuno bersama dengan Mesir Kuno, India Kuno, dan Mesopotamia. Peninggalan sejarah dan kekayaan budaya dari masa lalu yang masih dapat diamati dan dipelajari hingga hari ini.

5. Hanya memiliki Zona Waktu Tunggal

Fakta tentang China yang terakhi dan menarik untuk KeluargaSIP ketahui adalah salah satu negara yang hanya memiliki zona waktu tunggal. Meskipun menjadi salah satu negara terbesar dunia, China ternyata hanya memiliki satu zona waktu tunggal saja lho. Negara ini dulunya menggunakan lima zona waktu selama periode tahun 1912-1949. Hal ini mencerminkan keragaman geografis dan luasnya wilayah Tiongkok.

Akan tetapi, saat ini, Pemerintah China menerapkan kebijakan zona waktu tunggal untuk seluruh wilayahnya. Hal ini menyebabkan seluruh Tiongkok menggunakan zona waktu Beijing atau China Standard Time (CST), yang setara dengan GMT+8. China Standard Time (CST) ini menjadi patokan waktu resmi untuk seluruh Tiongkok, termasuk wilayah terluar seperti Xinjiang. Adanya kebijakan untuk menggunakan zona waktu tunggal tersebut, dapat memudahkan koordinasi dan komunikasi di seluruh wilayah.

Penutup

Demikian informasi artikel terkait fakta tentang China yang bisa kalian ketahui. Terima kasih karena sudah membaca artikel ini, semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan KeluargaSIP.

Bagi KeluargaSIP yang ingin liburan ke China. Kalian bisa wujudkan rencana liburan kalian dengan menggunakan jasa dan layanan dari SIP Travel. Pastinya dengan menggunakan jasa kami, rencana liburan kalian akan lebih mengasyikan dan memberikan pengalaman yang berkesan.

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

  • All Post
  • Akomodasi
  • Aktivitas
  • Atraksi
  • Budaya
  • Hotel
  • Indonesia
  • Informasi
  • Marketing
  • Pedia Indonesia
  • Pedia Internasional
  • Rekomendasi
  • RekomendaSIP Akomodasi
  • RekomendaSIP Kuliner
  • RekomendaSIP Liburan
  • SIPedia Destinasi
  • SIPedia Kuliner
  • Tips Liburan

© 2023 SIP TRAVEL