Mengenal Perbedaan Tipe Kelas Kereta Api dan Harga Tiketnya

Kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang seringkali menjadi favorit bagi semua orang untukmelakukan perjalanan jarak jauh. PT KAI sendiri sebagai perusahaan BUMN yang menyelenggarakan bisnis layanan kereta api, membagi kereta api dalam beberapa tipe kelas tertentu untuk sejumlah rute perjalanan. Pembagian kelas kereta api tersebut didasarkan pada fasilitas, jangkauan hingga waktu operasionalnya.

Dengan memiliki tipe kelas dan harga tiket yang beragam. Kali ini SIP Travel ingin mengajak keluargaSIP untuk mengetahui apa saja tipe kelas kereta api dan update harga tiket. Penasaran seperti apa? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Kereta Kelas Ekonomi

Kereta ekonomi merupakan salah satu tipe kelas kereta yang paling terjangkau dan ekonomis dari semua kelas yang disediakan oleh PT. KAI. Tipe kereta ini biasanya menyediakan 80 – 106 kursi dalam satu rangkaian kereta, sehingga menjadi tipe kelas dengan kursi paling banyak dibandingkan tipe kelas kereta lainnya. Untuk saat ini harga tiket kereta api kelas ekonomi sendiri berkisar Rp 60.000 hingga Rp 350.000 tergantung tipe dan relasi perjalanannya.

Saat ini kereta api kelas ekonomi terbagi menjadi 2 tipe yakni tipe ekonomi new image dan tipe ekonomi premium. Kedua tipe kelas kereta api tersebut merupakan pengembangan dari kelas ekonomi yang dulu untuk memberikan kenyaman bagi para pengunjung, sehingga kelas ekonomi tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti colokan listrik, AC, Toilet bersih, rak bagasi hingga kursi yang nyaman.

Kelas ekonomi premium sendiri merupakan penyempurnaan dari kelas ekonomi new image. Tipe kelas ini memiliki kapasitas kursi sebanyak 80 penumpang dengan pembagian kursi ada yang sejalan dengan arah laju kereta dan ada yang berlawanan dengan arah laju kereta. Tipe kelas kereta apai ekonomi premium sudah dilengkapi kursi dengan model reclining dan armrest, sehingga bagi KeluargaSIP yang melakukan perjalanan jaug tidak akan merasa pegal saat di perjalanan.

2. Kereta Kelas Bisnis

Tipe kelas kereta api selanjutnya adalah kelas bisnis. Kereta api kelas bisnis memiliki sedikit perbedaan dengan kereta kelas eksekutif, perbedaan tersebut terletak pada fasilita kursinya. Kursi dari kelas bisnis ini tidak memiliki reclining seat, namun KeluargaSIP dapat mengubah posisi kursi seperti ingin berhadapan dengan kursi di depan atau belakang. Harga tiket kereta api kelas bisnis sendiri berkisar Rp 150.000 hingga Rp 400.000 tergantung relasi perjalanan.

Seperti halnya dengan tipe kereta kelas ekonomi, kereta api kelas bisnis juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Kereta bisnis sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti Stop Kontak, AC, Toilet bersih, meja kecil, rak bagasi hingga kursi yang nyaman. Kapasitas kursinya sebanyak 64 penumpang dengan susunan 2 kursi tanpa berhadapan yang memiliki kualitas nyaman dan dapat diatur sesuai keinginan penumpang.

3. Kereta Kelas Eksekutif

Tipe kelas kereta api selanjutnya yang bisa KeluargaSIP ketahui adalah tipe kelas eksekutif. Bagi KeluargaSIP yang ingin mendapatkan kenyamanan untuk perjalanan panjang, kalian sebaiknya pilih kelas kereta api eksekutif. Pasalnya tipe kelas ini menawarkan fasilitas dan keunggulan yang lebih lengkap dan tidak terdapat di kelas ekonomi maupun bisnis.

Kereta api kelas eksekutif sendiri memiliki kapasitas kursi maksimal 50 penumpang dengan susunan kursi 2-2 tanpa berhadapan. Kursi yang digunakan pada tipe kelas ini juga sangat empuk dan dapat diatur sesuai keinginan penumpang. Selain itu juga, kereta eksekutif sangat cocok bagi penumpang yang memiliki tinggi diatas rata-rata orang Indonesia. Pasalnya kursi kelas eksekutif memiliki ruang kaki yang sangat luas dengan tambahan pijakan kaki, sehingga sangat nyaman bagi penumpang yang ingin meluruskan kaki tanpa mengganggu kursi penumpang di depannya.

Keunggulan kereta kelas eksekutif lainnya dibandingkan dengan kelas ekonomi dan bisnis adalah telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan para penumpang. Keunggulan tersebut diantaranya colokan listrik, AC, televisi, bantal selimut, meja makan, toilet bersih, dan akses internet WI-FI gratis di beberapa model kereta. Selain itu juga, kereta api kelas eksekutif ini tidak berhenti di banyak stasiun sehingga waktu perjalanan yang ditempuh lebih cepat dari tipe kelas kereta dibawahnya.

4. Kereta Kelas Luxury

Luxury adalah salah satu tipe kelas kereta api yang ditawarkan PT KAI bagi para penumpang yang menginginkan perjalanan dengan kenyamanan yang maksimal. Harga tiket kereta kelas luxury sendiri berkisar Rp 380.000 hingga Rp1.550.000 tergantung relasi perjalanan. Tipe kelas kereta ini memiliki tampilan gerbong kereta yang mirip seperti kabin pesawat. Kursi pada tipe kelas ini dapat dimiringkan hingga 170 derajat, sehingga para penumpang dapat berbaring selama di perjalanan.

Pada kelas ini juga, terdapat pembatas antar penumpang, entertainment on board, TV 12 inch, AC, laci penyimpanan, WI-FI, stop kontak, port USB dan headphone. Keunggulan lainnya dari tipe kelas eksekutif adalah memberikan fasilitas makan dan minum gratis kepada para penumpang. Selain itu juga, kereta api kelas ini tidak berhenti di banyak stasiun sehingga durasi perjalanannya jauh lebih cepat dari tipe kelas kereta lainnya.

5. Kereta Panoramic

Kereta Panoramic merupakan salah satu jenis kereta yang termasuk dalam kategori kelas eksekutif. dengan beberapa modifikasi spesifikasi khusus untuk menawarkan panorama pemandangan kepada para penumpang. Tipe kereta ini melayani rute perjalanan Jakarta-Bandung, Bandung-Surabaya, dan Jakarta-Yogyakarta dengan harga tiket berkisar dari Rp450.000 hingga Rp1.200.000. Kereta Panoramic berkapasitas sebanyak 46 kursi dengan memiliki jendela berukuran besar di kedua sisinya serta atap sunroof untuk memudahkan penumpang agar dapat menikmati pemandangan sekitar selama perjalanan.

Sama seperti tipe kelas eksekutif lainnya, Kereta Panoramic juga memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai bagi para penumpang. Fasilitas tersebut seperti kursi yang nyaman dan dapat diputar menghadap jendela, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas, akses WI-FI, televisi di dinding ujung kereta, serta rak bagasi khusus di ujung kereta. Selain itu juga, Kereta Panoramic juga memberikan layanan khusus berupa pemberian makanan, minuman, snack dan selinut secara gratis kepada para penumpang.

6. Kereta Kelas Suite Class Compartment

Suite Class Compartment merupakan salah satu tipe kelas kereta terbaru yang didesain untuk memberikan pengalaman baru dengan memprioritaskan privasi dan kenyamanan para penumpang. Tipe Suite Class Compartment ini memiliki kapasitas 16 kursi dengan fasilitas mewah seperti pintu geser otomatis, kursi reclining serta revolving sesuai arah perjalanan kereta. Kursi pada kereta ini juga sudah termasuk fitur penghangat dan pijat serta terdapat pijakan kaki serta baki lipat yang bisa bisa difungsikan untuk meja makan atau meja kerja.

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh kereta ini adalah memiliki toilet yang mewah dan luas dengan closet duduk, wastafel, dan pengering tangan, yang dioperasikan secara otomatis. Adanya layanan makan gratis berupa hidangan pembuka, hidangan utama, hidangan penutup, menjadi keunggulan lainnya yang tidak akan ditemukan pada tipe kelas kereta lainnya.

Update Harga Tiket Kereta Api 2023

1.      Tipe Kelas Ekonomi

  • KA Argo Parahyangan (Jakarta – Bandung) Rp150.000
  • KA Fajar Utama Solo (Jakarta – Yogyakarta) Rp260.000 – Rp290.000
  • KA Jayakarta (Jakarta – Surabaya) Rp320.000 – RP380.000
  • KA Gaya Baru Malam Selatan (Jakarta – Surabaya) Rp320.000 – Rp380.000

2.      Tipe Kelas Eksekutif

  • KA Argo Parahyangan (Jakarta – Bandung) Rp200.000 – Rp250.000
  • KA Fajar Utama Solo (Jakarta – Yogyakarta) Rp400.000 – Rp455.000
  • KA Argo Semeru (Jakarta – Yogyakarta) Rp505.000 – Rp520.000
  • KA Argo Semeru (Jakarta – Surabaya) Rp630.000 – Rp650.00
  • KA Bima (Jakarta – Surabaya) Rp590.000 – Rp720.000

3.      Tipe Kelas Luxury

  • KA Argo Parahyangan (Jakarta – Bandung) Rp380.000 – Rp510.000
  • KA Taksaka (Jakarta – Yogyakarta) Rp1.135.000 – Rp1.375.000
  • KA Argo Dwipangga (Jakarta – Yogyakarta) RP1.135.000 – Rp1.250.000
  • KA Argo Bromo Anggrek (Jakarta – Surabaya) Rp1.135.000 – Rp1.500.000

4.      Tipe Kelas Panoramic

  • KA Argo Parahyangan Panoramic (Jakarta – Bandung) Rp450.000
  • KA Argo Wilis Panoramic (Bandung – Surabaya) Rp1.200.000
  • KA Turangga Panoramic (Bandung – Surabaya) Rp1.100.000

5.      Tipe Kelas Suite Class Compartment

  • KA Argo Semeru (Jakarta – Yogyakarta) Rp1.950.000
  • KA Bima (Jakarta – Surabaya) Rp1.950.000

Penutup

Demikian informasi yang bisa SIP Travel sampaikan terkait perbedaan tipe kelas kereta api beserta harga tiket. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Bagi KeluargaSIP yang ingin berlibur menggunakan kereta api, kalian bisa menggunakan jasa Sip Travel sebagai platform online ticketing kepercayaan anda!

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

  • All Post
  • Akomodasi
  • Aktivitas
  • Atraksi
  • Budaya
  • Hotel
  • Indonesia
  • Informasi
  • Marketing
  • Pedia Indonesia
  • Pedia Internasional
  • Rekomendasi
  • RekomendaSIP Akomodasi
  • RekomendaSIP Kuliner
  • RekomendaSIP Liburan
  • SIPedia Destinasi
  • SIPedia Kuliner
  • Tips Liburan

© 2023 SIP TRAVEL