Mengulik Sederet Fakta Menarik Turki yang Jarang Diketahui

Turki merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal karena menawarkan daya tarik yang luar biasa sehingga sering dijadikan sebagai tujuan wisata favorit bagi wisatawan. Selain terkenal karena keindahan alam dan kekayaan budayanya yang menakjubkan, KeluargaSIP juga bisa mengetahui dahulu terkait sederet fakta menarik Turki yang bisa menambah informasi bagi kalian yang tertarik berlibur ke Turki.

Dengan memiliki beragam hal menarik yang terdapat di Turki. Kali ini SIP Travel ingin memberikan informasi terkait fakta menarik Turki yang bisa KeluargaSIP ketahui. Penasaran apa saja? Simak pembahasannya dibawah ini

1. Negara yang Terletak Diantara Dua Benua

Fakta menarik Turki yang pertama dan bisa KeluargaSIP ketahui yakni Turki menjadi salah satu negara transkontinental yang secara geografis terletak di dua benua, yaitu Eropa dan Asia. Hal ini membuat Turki memiliki kekayaan geografis dan budaya yang unik, karena negara ini memadukan elemen dari dua benua yang berbeda.

Karena letaknya yang melintasi dua benua, Turki memiliki beragam iklim dan kondisi geografis. Perbedaan iklim ini menghasilkan empat musim yang jelas di sebagian besar wilayah Turki, seperti yang juga dialami oleh negara-negara di wilayah tersebut seperti Jepang dan Korea.

2. Bahasa Turki

Fakta menarik Turki berikutnya yang bisa KeluargaSIP ketahui adalah Bahasa resmi Turki yang menggunakan alfabet latin.Sebelumnya, alfabet Arab telah digunakan untuk menulis bahasa Turki selama berabad-abad. Tetapi di tahun 1928, Mustafa Kemal Atatürk memperkenalkan alfabet Latin sebagai bagian dari reformasi bahasa Turki yang dikenal sebagai “Revolusi Bahasa”.

Tujuan Atatürk memutuskan untuk mengubah alfabet menjadi Latin, adalah untuk membuat bahasa Turki lebih mudah dipelajari dan diakses oleh masyarakat. Reformasi ini adalah bagian dari upaya yang lebih besar untuk mengubah dan memodernisasi berbagai aspek kehidupan di Turki setelah berakhirnya Kekaisaran Ottoman.

3. Kuliner Khas Turki

Kekayaan jenis kuliner khas Turki juga bisa menjadi fakta menarik Turki lainnya yang bisa KeluargaSIP ketahui. Turki memang terkenal dengan masakan khasnya yang lezat dan beragam. Hidangan-hidangan tersebut mencerminkan warisan budaya Turki yang memadukan rempah khas Timur Tengah dan Eropa.

Kebab, baklava, dan manti adalah contoh Kuliner Turki yang juga dapat ditemukan dengan mudah di berbagai tempat makan, baik restoran maupun pedagang kaki lima. Dengan Kelezatan dan keragaman kulinernya, dapat memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi KeluargaSIP selama liburan di Turki.

4. Cappadocia

Fakta menarik Turki lainnya yang bisa KeluargaSIP ketahui adalah adanya atraksi wisata balon udara di Cappadodia yang ikonik dan menakjubkan. Cappadocia sendiri terkenal dengan lanskapnya yang unik dengan backgorund yang sempurna untuk ribuan balon udara yang mengudara di langit, sehingga menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

Atraksi balon udara di Cappadocia telah menarik perhatian dunia dan menjadi salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Turki. Dengan mencoba naik balon udara di Cappadocia, dapat memberikan pengalaman dan kenangan yang berkesan bagi para wisatawan yang datang.

5. Tingkat Konsumsi Teh yang Tinggi

Tingkat konsumsi teh yang tinggi juga menjadi salah satu fakta menarik Turki yang bisa KeluargaSIP ketahui. Angka konsumsi teh di Turki sangat tinggi, dengan sebagian besar penduduk mengonsumsi setidaknya satu cangkir teh setiap harinya. Bahkan, Turki memiliki salah satu tingkat konsumsi teh per kapita tertinggi di dunia.

Teh di Turki biasanya disajikan dalam kondisi panas dan dituangkan di cangkir kecil yang disebut “cay”. Dengan konsumsi yang tinggi dan peran pentingnya dalam kehidupan sehari-hari, membuat teh menjadi begitu terkenal dan dicintai di Turki.

6. Negara yang Kaya akan Sejarah dan Budaya

Fakta menarik Turki lainnya yang bisa KeluargaSIP ketahui adalah salah satu negara yang kaya akan sejarah dan keberagaman budaya. Turki memiliki sejarah yang panjang dengan jejak peradaban kuno seperti Kekaisaran Romawi, Bizantium, dan Ottoman yang meninggalkan warisan bersejarah yang luar biasa.

Situs-situs sejarah seperti Topkapi Palace, Hagia Shopia, Masjid Sultan Ahmed dan Pamukkale merupakan contoh dari kekayaan sejarah Turki yang menakjubkan. Dengan kombinasi dari sejarah, arsitektur, dan budaya, membuat Turki menawarkan pengalaman yang mendalam bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi warisan budaya dunia

7. Terdapat Pusat Perbelanjaan Tertua di Dunia

Fakta menarik Turki yang terakhir dan bisa KeluargaSIP ketahui adalah terdapat salah satu pusat perbelanjaan tertua di dunia yakni Grand Bazzar. Grand Bazaar Istabul sendiri merupakan pusat perbelanjaan tertua dan terbesar di dunia yang didirikan pada masa pemerintahan Kekhalifahan Ottoman.

Bangunan-bangunan yang indah dengan desain klasik Ottoman menciptakan atmosfer yang unik dan memikat bagi pengunjung. Saat ini, Grand Bazaar menjadi salah satu daya tarik wisata yang paling populer di Istanbul dengan banyaknya wisatawan dari seluruh dunia datang untuk menjelajahi labirin lorong-lorong indahnya.

Penutup

Demikian informasi artikel terkait fakta menarik Turki yang bisa kalian ketahui. Terima kasih karena sudah membaca artikel ini, semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan KeluargaSIP.

Bagi KeluargaSIP yang ingin liburan ke Turki. Kalian bisa wujudkan rencana liburan kalian dengan menggunakan jasa dan layanan dari SIP Travel. Pastinya dengan menggunakan jasa kami, rencana liburan kalian akan lebih mengasyikan dan memberikan pengalaman yang berkesan.

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

  • All Post
  • Akomodasi
  • Aktivitas
  • Atraksi
  • Budaya
  • Hotel
  • Indonesia
  • Informasi
  • Marketing
  • Pedia Indonesia
  • Pedia Internasional
  • Rekomendasi
  • RekomendaSIP Akomodasi
  • RekomendaSIP Kuliner
  • RekomendaSIP Liburan
  • SIPedia Destinasi
  • SIPedia Kuliner
  • Tips Liburan

© 2023 SIP TRAVEL