Sederet Fakta Unik Gunung Bromo yang Menarik Untuk Diketahui

Gunung Bromo adalah salah satu destinasi wisata paling ikonik di Indonesia yang menawarkan keindahan alam yang spektakuler. Sebelum mengunjungi gunung ini, KeluargaSIP bisa mengetahui sederet fakta unik Gunung Bromo yang jarang diketahui agar menambah informasi bagi kalia

Dengan memiliki beragam hal menarik yang bisa diketahui. Kali ini SIP Travel ingin memberikan informasi terkait fakta unik Gunung Bromo yang bisa KeluargaSIP ketahui. Penasaran apa saja? Simak pembahasannya dibawah ini

1. Gunung Berapi yang Masih Aktif

Fakta unik Gunung Bromo yang pertama dan menarik untuk KeluargaSIP ketahui adalah statusnya yang masih aktif. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Aktivitas vulkaniknya cukup stabil, tetapi  masih terjadi letusan kecil yang menghasilkan awan belerang dan material vulkanik 

Meskipun Gunung Bromo memiliki status sebagai gunung berapi aktif, tetap saja menjadi salah satu destinasi wisata yang paling populer di Indonesia. Keindahan alamnya yang spektakuler, termasuk lautan pasir, kawah dengan asap yang mengepul, dan panorama matahari terbit menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

2. Asal Usul Nama Bromo

Fakta unik Gunung Bromo selanjutnya yang menarik untuk KeluargaSIP ketahui adalah asal usul dari penamaan Gunung Bromo. Nama “Bromo” sendiri dipercaya berasal dari kata “Brahma” yang dalam Bahasa Sansekerta atau Jawa Kuno merupakan nama salah satu dewa utama dalam agama Hindu.

Penduduk asli daerah sekitar Gunung Bromo percaya, bahwa gunung ini memiliki nilai spiritual yang tinggi, sehingga seringkali mereka mengadakan upacara keagamaan atau ritual untuk menghormati gunung tersebut. Hal tersebut juga turut mencerminkan pentingnya nilai keagamaan dan kepercayaan dalam budaya lokal di sekitar Gunung Bromo.

3. Fenomena Embun Es

Fenomena embun es di Gunung Bromo juga menjadi salah satu fakta unik Gunung Bromo yang bisa KeluargaSIP ketahui.  Hal unik ini bisa terjadi ketika suhu di daerah tersebut turun di bawah titik beku, biasanya pada malam hari. Di Gunung Bromo, embun es sering terbentuk di atas rerumputan atau tanah di sekitar kawah dan padang pasir, terutama pada malam hari ketika suhu turun drastis.

Fenomena embun es ini semakin menambah daya tarik Gunung Bromo sebagai destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Hal itu dikarenakan KeluargaSIP dapat menyaksikan keindahan alam yang unik di pagi hari saat embun es masih menutupi tanah dan rumput di sekitar kawah, sehingga menciptakan pemandangan yang memukau.

4. Upacara Kasada

Fakta unik Gunung Bromo berikutnya yang menarik untuk KeluargaSIP ketahui adalah tentang upacara kasada. Ritual ini merupakan salah satu upacara adat penting bagi Suku Tengger yang tinggal di sekitar Gunung Bromo. Kegiatan sakral ini juga memiliki makna dalam kehidupan Suku Tengger yakni sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan serta doa agar dijauhkan dari malapetaka.

Selain sebagai perayaan tradisional, Upacara Kasada juga memiliki nilai spiritual dan keagamaan yang tinggi bagi masyarakat Tengger yang masih menjalankan kepercayaan Hindu. Setiap tahun, ribuan orang berkumpul di sekitar Gunung Bromo untuk menyaksikan dan berpartisipasi dalam upacara ini, mencerminkan kekayaan budaya dan keberagaman ritual di Indonesia.

5. Terdapat Ribuan Anak Tangga

Fakta unik Gunung Bromo yang terakhir dan menarik untuk KeluargaSIP ketahui adalah memiliki ribuan anak tangga untuk mencapai Pura Luhur Poten. Pura Luhur Poten merupakan salah satu tempat suci bagi masyarakat Tengger dan umat Hindu di sekitar Gunung Bromo. Tempat ini menjadi rumah ibadah dan juga simbol keberagaman budaya dan kehidupan spiritual

Karena lokasi pura ini berada di ketinggian yang terjal, maka dibangunlah anak tangga untuk mempermudah akses ke Pura Luhur Poten.  Anak tangga yang dibangun menuju pura ini dapat memudahkan para wisatawan dan umat Hindu Tengger dalam menunaikan ibadah serta menjelajahi kawasan sekitarnya

Penutup

Demikian informasi artikel terkait fakta unik Gunung Bromo yang dapat KeluargaSIP ketahui. Terima kasih karena sudah membaca artikel ini, semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan KeluargaSIP.

Bagi KeluargaSIP yang ingin berlibur ke Bromo. Kalian bisa wujudkan rencana liburan kalian dengan menggunakan jasa dan layanan dari SIP Travel. Pastinya dengan menggunakan jasa kami, rencana liburan kalian akan lebih mengasyikan dan memberikan pengalaman yang berkesan.

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

  • All Post
  • Akomodasi
  • Aktivitas
  • Atraksi
  • Budaya
  • Hotel
  • Indonesia
  • Informasi
  • Marketing
  • Pedia Indonesia
  • Pedia Internasional
  • Rekomendasi
  • RekomendaSIP Akomodasi
  • RekomendaSIP Kuliner
  • RekomendaSIP Liburan
  • SIPedia Destinasi
  • SIPedia Kuliner
  • Tips Liburan

© 2023 SIP TRAVEL