Jelajahi 7 Tempat Wisata di Bromo yang Menarik Dikunjungi

Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi populer di Indonesia yang seringkali dikunjungi oleh ratusan wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara. Tempat wisata di Bromo ini menawarkan landskap memukau dengan perbukitan hijau, padang savana dan hamparan padang pasir yang luas. Sehingga dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan yang datang.

Dengan memiliki beragam tempat wisata yang indah dan menarik. Kali ini SIP Travel akan memberikan rekomendasi tempat wisata di bromo yang menarik untuk KeluargaSIP kunjungi saat liburan nanti. Penasaran apa saja tempatnya ? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Gunung Pananjakan

Tempat wisata di Bromo yang pertama dan wajib KeluargaSIP kunjungi adalah Gunung Pananjakan. Penanjakan 1 merupakan salah satu puncak tertinggi yang menjadi spot terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbit di Gunung Bromo. Dengan ketinggian mencapai 2774 Mdpl, tempat ini menjadi lokasi yang sangat strategis untuk menyaksikan Bromo Golden Sunrise.

Untuk mencapai wiew point Pananjakan 1, KeluargaSIP disarankan menggunakan mobil Jeep yang menjadi satu-satunya kendaraan yang dapat mengantarkan kalian ke beberapa tempat wisata Bromo lainnya. Selain itu, kalian disarankan juga untuk memulai perjalanan di awal pagi, sekitar pukul 02:00 – 03:00 pagi agar bisa mendapatkan view terbaik dari Bromo Golden Sunrise

2. Bukit Widodaren

Bukit Widodaren merupakan salah satu tempat wisata di Bromo lainnya yang wajib KeluargaSIP kunjungi. Tempat ini terletak bersebelahan dengan Gunung Batok dengan ketinggian sekitar 2.614 Mdpl. Selain itu juga bukit ini merupakan bagian dari kaldera Tengger, sekaligus merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Hal unik dari Bukit ini adalah bagian puncaknya sering dijadikan tempat bertapa oleh beberapa penduduk asli Suku Tengger. Cerita-cerita yang terkait dengan masyarakat Tengger dan Gunung Widodaren tersebut menambah nilai spiritual dan budaya di daerah tersebut sehingga menjadi daya tarik tersendiri dari Bukit Widodaren Bromo.

3. Kawah Bromo

Tempat wisata di Bromo berikutnya yang wajib dan menarik untuk KeluargaSIP kunjungi adalah Kawah Bromo. Gunung Bromo memiliki kawah dengan ukuran garis tengah yang besar. Dengan keunikannya tersebut membuat Kawah Gunung Bromo ini menjadi destinasi wisata utama yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Untuk mencapai lokasi Kawah Bromo, KeluargaSIP harus menaiki sekitar 250 anak tangga yang tentunya cukup melelahkan. Namun rasa lelah dari perjalanan kalian, akan terbayarkan dengan keindahan kawah Bromo, terutama pemandangan matahari terbitnya yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang datang.

4. Pasir Berbisik

Tempat wisata di Bromo selanjutnya yang bisa KeluargaSIP kunjungi adalah Pasir Berbisik. Kawasan ini merupakan lautan hamparan pasir yang terletak di sebelah timur kawah Bromo dan menawarkan pemandangan alam yang unik dan tidak dapat ditemui di pegunungan lainnya. Alasan dinamakan Pasir Berbisik, dikarenakan ketika angin bertiup, butiran pasir akan beterbangan dan menghasilkan suara yang terdengar seperti bisikan di telinga.

Pasir Berbisik ini memiliki area yang cukup luas, sehingga memberikan kemudahan bagi KeluargaSIP untuk memilih spot terbaik untuk kebutuhan berfoto kalian. Di samping berfoto, KeluargaSIP juga dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya disini. Kalian bisa menjelajahi hamparan padang pasir ini dengan menunggang kuda dan mengendarai motor trail, sehingga memberikan pengalaman berwisata yang unik dan berkesan.

5. Padang Savana Bromo

Padang Savana Bromo merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata di Bromo lainnya yang wajib KeluargaSIP kunjungi. Tempat ini menawarkan pemandangan hamparan padang rumput yang sangat luas dan memukau. Oleh karena itu, Padang Savana Bromo ini termasuk dalam salah satu dari empat lokasi wisata terbaik yang selalu menjadi kunjungan favorit bagi wisatawan yang mengunjungi Bromo.

Lokasi dari padang savana ini terletak di lembah jemplang yang dikelilingi oleh tebing-tebing menjulang tinggi dan Bukit Teletubbies.  Bagi wisatawan yang ingin kesini, akses termudah untuk mencapai padang rumput ini adalah dengan menggunakan kendaraan baik sepeda motor, mobil, atau jeep melalui rute dari Malang atau Lumajang.

6. Kuil Luhur Poten

Tempat wisata di Bromo selanjutnya yang bisa KeluargaSIP kunjungi adalah Kuil Luhur Poten. Tempat ini menjadi pusat kegiatan keagamaan dan budaya bagi masyarakat Tengger, sebuah suku lokal yang mendiami daerah sekitar Gunung Bromo. Kuil ini juga menjadi lokasi utama untuk upacara adat Tengger yang paling terkenal, yaitu upacara Kasada.

Upacara Kasada diadakan setiap tahun pada bulan ke-14 dalam penanggalan Tengger, yang bertujuan untuk menghormati Sang Hyang Widhi, Tuhan menurut kepercayaan Tengger. Upacara ini juga menjadi peristiwa sosial dan budaya yang penting bagi masyarakat Tengger, dan menarik banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin menyaksikannya.

7. Bukit Teletubbies

Tempat wisata Bromo yang terakhir dan bisa KeluargaSIP kunjungi adalah Bukit Teletubbies. Tempat wisata ini merupakan sabana seluas 382 hektar dengan ciri khas keberadaan bukit-bukit hijau disekelilingnya. Deretan bukit-bukit ini juga terkenal sebagai spot foto terbaik, dengan rerumputan hijau yang cantik dan terjaga rapi.

Pemandangan indah di Bukit Teletubbies dan Padang Savana yang terletak di kaki bukit menjadikan tempat tersebut sebagai salah satu favorit bagi para wisatawan yang menyukai fotografi. Keindahan dan keanekaragaman alam di Bukit Teletubbies menambah daya tarik bagi KeluargaSIP yang ingin menikmati pesona alam yang unik di kawasan Gunung Bromo.

Penutup

Demikian informasi artikel terkait tempat wisata di bromo yang bisa KeluargaSIP kunjungi. Terima kasih karena sudah membaca artikel ini, semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan KeluargaSIP.

Bagi KeluargaSIP yang mengunjungi Gunung Bromo. Kalian bisa wujudkan rencana liburan kalian dengan menggunakan jasa dan layanan dari SIP Travel. Pastinya dengan menggunakan jasa kami, rencana liburan kalian akan lebih mengasyikan dan memberikan pengalaman yang berkesan.

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

  • All Post
  • Akomodasi
  • Aktivitas
  • Atraksi
  • Budaya
  • Hotel
  • Indonesia
  • Informasi
  • Marketing
  • Pedia Indonesia
  • Pedia Internasional
  • Rekomendasi
  • RekomendaSIP Akomodasi
  • RekomendaSIP Kuliner
  • RekomendaSIP Liburan
  • SIPedia Destinasi
  • SIPedia Kuliner
  • Tips Liburan

© 2023 SIP TRAVEL