Jelajahi Beragam Kuliner Thailand yang Menarik Dicicipi

Sebagai salah satu destinasi paling populer di Asia Tenggara, Thailand tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona, tetapi juga dengan kekayaan kuliner yang luar biasa. Kuliner Thailand mencerminkan keberagaman budaya, rempah-rempah yang kaya, dan rasa yang eksotis.

Dengan kekayaan kuliner yang dimilikinya, Kali ini SIP Travel ingin mengajak KeluargaSIP untuk menjelajahi berbagai kuliner khas Thailand yang tak boleh dilewatkan. Penasaran apa saja makanannya? Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1.   Tom Yum Goong

kuliner thailand

Rekomendasi kuliner Thailand yang pertama dan menarik untuk KeluargaSIP cicipi adalah Tom Yum Goong. Hidangan ini merupakan sup udang pedas yang sangat menyegarkan, dengan perpaduan rasa asam dan pedas yang khas. Tom Yum Goong biasanya disajikan saat masih hangat, sehingga dapat menghangatkan tubuh serta memukau lidah dengan kombinasi unik rasa yang memancing selera.

Hidangan ini biasanya terbuat dari campuran kuah kaldu yang kaya akan rasa dan ditambahkan dengan rempah-rempah. Salah satu bahan yang membuat Tom Yum Goong ini menjadi khas dan berbeda dari yang lainnya adalah pasta cabai dan tamarind yang digunakan sebagai bahan tambahan sehingga memberikan warna merah serta rasa asam dan pedas yang cukup menyengat

2.   Pad Thai

kuliner thailand

Rekomendasi kuliner Thailand berikutnya yang menarik untuk KeluargaSIP cicipi adalah Pad Thai. Hidangan ini merupakan kuliner mie goreng yang telah menjadi hidangan favorit bagi sebagian besar masyarakat di Thailand. Mie ini terbuat dari beras yang kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu seperti tamarind, udang kering, bawang putih, dan cabai merah.

Dalam pembuatannya, mie Pad Thai ini dimasak bersama dengan telur, tauge serta daging sapi atau olahan seafood. Kemudian dilumuri oleh bumbu rempah-rempah sehingga memiliki cita rasa yang gurih, asam, dan juga pedas. Untuk menyeimbangkan semua rasa yang tercampur tersebut, ditambahkan potongan kacang tanah dan irisan jeruk nipis sebagai penyeimbang rasa.

3.   Gaeng Keow Wan

Gaeng Keow Wan atau Kari Hijau adalah kuliner Thailand lainnya yang juga cukup terkenal dengan kekayaan rasa dan warnanya yang tak biasa. Hidangan ini seringkali disajikan bersama kondimen lainnya semangkuk nasi atau potongan daging ayam dan sapi. Hidangan ini menyuguhkan kombinasi dari rasa gurih, pedas, dan manis yang membuatnya tak terlupakan

Gaeng Keow Wan sendiri terbuat dari kombinasi santan, pasta kari hijau, saus ikan, sayuran, serta potongan daging ayam/sapi atau olahan seafood. Warna hijau yang terdapat pada Gaeng Keow Wan ini diperoleh dari cabai hijau, sehingga citarasa pedas yang dihasilkan jauh lebih pedas dibandingkan dengan kari merah yang biasanya ada di Indonesia.

4.   Mango Sticky Rice

Rekomendasi Kuliner Thailand selanjutnya yang juga menarik untuk KeluargaSIP cicipi adalah Mango Sticky Rice. Hidangan ini merupakan perpaduan ketan pulen yang disajikan dengan potongan mangga segar di atasnya, dan kemudian disiram dengan santan yang kental untuk menambah kelezatan dari makanan ini.

Potongan mangga segar dengan ketan pulen yang ada di Mango Sticky Rice juga memberikan tekstur yang lembut saat dimakan. Perpaduan dari rasanya yang manis dan gurih serta teksturnya yang lembut membuat Mango Sticky Rice ini menjadi hidangan penutup yang sempurna setelah menikmati hidangan utama Thailand.

5.   Khao Pad

Khao Pad atau nasi goreng Thailand juga bisa menjadi rekomendasi kuliner Thailand yang menarik jua untuk dicicipi. Nasi goreng Thailand ini merupakan nasi yang dimasak dengan aneka bahan seperti telur, daging atau seafood serta ditambah dengan campuran bumbu khas yang memberikan rasa yang lezat dan juga menggugah selera.

Khao Pad cukup berbeda dengan nasi goreng yang terdapat di Indonesia. Perbedaannya yaitu Khao Pad ini menambahkan beberapa tambahan topping yang menambah warna dan kesegaran di nasi goreng tersebut. Oleh karena itu di beberapa tempat di Thailand, Khao Pad ini sering disajikan dengan tambahan irisan timun, cabai, dan paprika segar untuk menambah kesegaran makanan.

6.   Satay

Rekomendasi kuliner Thailand berikutnya yang juga menarik untuk KeluargaSIP cicipi adalah Satay. Jenis kuliner ini merupakan sate dari daging ayam, sapi atau kambing yang disajikan dengan saus kacang yang memiliki beragam rasa. Daging yang digunakan tersebut, sebelumnya telah dimarinasi dengan berbagai campuran bumbu dan rempah-rempah

Daging satay tersebut, lalu dipanggang hingga matang, kemudian disajikan dengan saus kacang sehingga menghasilkan kombinasi manis, asin, dan pedas. Kuliner khas Thailand ini tidak hanya populer sebagai makanan di jalanan Thailand saja, tetapi juga disajikan dalam menu di restoran-restoran yang ada di Thailand. 

7.   Khanom Thai

Rekomendasi kuliner Thailand yang terakhir dan menarik untuk KeluargaSIP cicipi adalah Khanom Thai. Hidangan ini merupakan aneka berbagai jenis makanan manis atau camilan tradisional yang ada di Thailand. Sebagai camilan, Khanom Thai ini memiliki variasi bentuk, rasa, aroma dan tekstur yang berbeda-beda, sehingga menjadi salah satu hidangan favorit bagi penduduk lokal atau wisatawan.

Setiap jenis Khanom Thai yang ada di Thailand ini memiliki cita rasa, aroma, dan tekstur yang unik dan berbeda-beda. Dengan campuran bahan-bahan seperti tepung beras, santan, kelapa parut, dan gula, membuat Khanom Thai ini memiliki sentuhan cita rasa yang unik sehingga dapat memanjangkan lidah bagi siapa saja yang memakannya.

Penutup

Demikian informasi artikel terkait rekomendasi kuliner Thailand yang bisa KeluargaSIP coba cicipi. Terima kasih karena sudah membaca artikel ini, semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan KeluargaSIP.

Bagi KeluargaSIP yang ingin berburu kuliner Thailand. Kalian bisa wujudkan rencana liburan kalian dengan menggunakan jasa dan layanan dari SIP Travel. Pastinya dengan menggunakan jasa kami, rencana liburan kalian akan lebih mengasyikan dan memberikan pengalaman yang berkesan.

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

  • All Post
  • Akomodasi
  • Aktivitas
  • Atraksi
  • Budaya
  • Hotel
  • Indonesia
  • Informasi
  • Marketing
  • Pedia Indonesia
  • Pedia Internasional
  • Rekomendasi
  • RekomendaSIP Akomodasi
  • RekomendaSIP Kuliner
  • RekomendaSIP Liburan
  • SIPedia Destinasi
  • SIPedia Kuliner
  • Tips Liburan

© 2023 SIP TRAVEL