Mengulik Sederet Fakta Menarik Bali yang Jarang Diketahui

Pulau Bali memang menjadi destinasi wisata kelas dunia yang terkenal memiliki daya tarik yang luar biasa sebagai destinasi liburan favorit. Selain keindahan alam dan kekayaan budayanya yang menakjubkan, KeluargaSIP juga bisa mengetahui sederet fakta menarik Bali yang jarang diketahui orang mulai dari patung, julukan, dan lain sebagainya.  

Dengan memiliki beragam hal menarik yang terdapat di Pulau Bali. Kali ini SIP Travel ingin memberikan informasi terkait fakta menarik Bali yang bisa KeluargaSIP ketahui. Penasaran apa saja? Simak pembahasannya dibawah ini

1. Salah Satu Patung Tertinggi di Dunia

Fakta Menarik Bali yang pertama dan bisa KeluargaSIP ketahui adalah memiliki patung tertinggi kedua di dunia. Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) meenjadi patung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 121 meter. Tinggi patung ini melampaui patung Liberty di Amerika Serikat yang memiliki ketinggian 93 meter, sehingga menjadi salah satu patung tertinggi di dunia.

Dengan ketinggian yang mencolok, membuat patung ini dapat terlihat dari Bandara Ngurah Rai, Pantai Kuta, Sanur, Nusa Dua, hingga Tanah Lot. Meski memakan waktu yang panjang, hasil dari pembangunan tersebut sekarang dapat dinikmati oleh para wisatawan dan menjadi salah satu landmark dan daya tarik wisata baru di Pulau Bali.

2. Tol Terapung Pertama di Indonesia

Fakta menarik Bali selanjutnya yang bisa KeluargaSIP ketahui adalah Pulau Bali memiliki Tol terapung pertama di Indonesia. Bali Mandara merupakan salah satu tol di Indonesia yang memiliki keunikan dengan dibangun mengapung diatas laut sepanjang 12,7 km dan menghubungkan Benoa, Ngurah Rai Tuban, serta Nusa Dua.

Keunikan tersebut juga menjadikannya sebagai salah satu inovasi yang menarik dalam infrastruktur transportasi di Pulau Bali. Tol Bali Mandara ini telah beroperasi sejak tahun 2013 dan berdampak secara signifikan dalam mempermudah akses wisatawan ke berbagai destinasi favorit, sehingga mengurangi waktu tempuh perjalanan.

3. Memiliki Desa Terbersih dan Terindah di Indonesia

Memiliki Desa Terindah dan Terbersih di Indonesia merupakan salah satu fakta menarik Bali selanjutnya yang bisa KeluargaSIP ketahui. Desa Penglipuran merupakan salah satu desa di Bali yang menjadi destinasi menarik karena menawarkan pengalaman wisata yang ramah lingkungan dengan suasana desa yang asri, tenang, dan damai. 

Desa ini pernah meraih predikat sebagai desa terindah se-Indonesia, dan bahkan pernah mendapatkan predikat sebagai desa terbersih sedunia. Kelestarian alam di Desa Penglipuran ini sangat dijaga, dengan adanya larangan penggunaan kendaraan bermotor di dalam desa. 

4. Julukan Pulau Seribu Pura

Fakta menarik Bali selanjutnya yang juga bisa KeluargaSIP ketahui adalah Bali memiliki julukan Pulau Seribu Pura. Alasan mengapa Bali dijuluki sebagai “Pulau Seribu Pura” karena memiliki ribuan pura yang memiliki peran sentral dalam kehidupan spiritual dan sosial masyarakat Hindu Bali. 

Hampir setiap desa di Bali biasanya memiliki setidaknya tiga pura, yang masing-masing berfungsi sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial. Bangunan tersebut, bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. Hal inilah yang membuat Bali dikenal sebagai “pulau seribu pura” dan “pulau Dewata

5. Subak Bali Sebagai Situs Warisan Dunia Unesco

Fakta menarik Bali yang terakhir dan bisa KeluargaSIP ketahui adalah Subak Bali sebagai salah satu situs warisan UNESCO. Subak adalah sistem pengelolaan atau tata kelola lanskap pertanian khas masyarakat Bali, yang ditandai dengan adanya sawah bertingkat yang menggabungkan keseimbangan antara Tuhan, manusia, dan alam. 

Filosofi ini dikenal dengan istilah Tri Hita Karana, yang merujuk pada tiga penyebab terciptanya kebahagiaan dan kesejahteraan. Subak tidak hanya mencerminkan kearifan lokal saja, tetapi juga merupakan warisan budaya yang telah memberikan kontribusi besar terhadap keberlanjutan ekosistem dan kehidupan masyarakat Bali.

Penutup

Demikian informasi artikel terkait fakta menarik bali yang bisa kalian ketahui. Terima kasih karena sudah membaca artikel ini, semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan KeluargaSIP.

Bagi KeluargaSIP yang ingin liburan ke Bali. Kalian bisa wujudkan rencana liburan kalian dengan menggunakan jasa dan layanan dari SIP Travel. Pastinya dengan menggunakan jasa kami, rencana liburan kalian akan lebih mengasyikan dan memberikan pengalaman yang berkesan.

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

  • All Post
  • Akomodasi
  • Aktivitas
  • Atraksi
  • Budaya
  • Hotel
  • Indonesia
  • Informasi
  • Marketing
  • Pedia Indonesia
  • Pedia Internasional
  • Rekomendasi
  • RekomendaSIP Akomodasi
  • RekomendaSIP Kuliner
  • RekomendaSIP Liburan
  • SIPedia Destinasi
  • SIPedia Kuliner
  • Tips Liburan

© 2023 SIP TRAVEL