Beragam Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Liburan ke Turki

Turki adalah salah satu destinasi wisata yang sangat populer karena menawarkan beragam daya tarik dan pengalaman wisata yang menakjubkan. Saat KeluargaSIP liburan ke Turki, kalian bisa menemukan keindahan alam, sejarah yang kaya, hingga tempat kulineran yang lezat.  Dengan perpaduan tersebut membuat Turki ini bisa menjadi tujuan liburan yang menarik bagi wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Bagi KeluargaSIP yang tertarik ke Turki, terdapat beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dahulu, agar perjalanan liburan kalian dapat berjalan lancar dan menyenangkan. Penasaran apa saja? Simak pembahasannya dibawah ini.

1. Pilihan Moda Transportasi

Transportasi Liburan ke Turki

Hal pertama yang perlu KeluargaSIP perhatikan sebelum liburan ke Turki adalah moda transportasinya. Sistem transportasi umum di Turki, terutama di kota besar seperti Istanbul, cukup beragam. KeluargaSIP bisa menggunakan transportasi umum, seperti taksi, bus, metro, atau tramvay. Selain itu, Turki juga memiliki layanan taksi daring seperti Uber yang dapat membantu KeluargaSIP menemukan taksi dengan tarif yang terjangkau.

Sebelum menjelajahi kota Istanbul, KeluargaSIP bisa membeli Istanbul Kart yang dapat digunakan untuk membayar biaya bus, metro, tram, dan ferry dalam satu kartu. Dengan banyaknya pilihan transportasi, membuat KeluargaSIP dapat menjelajahi berbagai tempat menarik di Turki dengan nyaman dan efisien.

2. Waktu Terbaik Mengunjungi Turki

Hal kedua yang perlu KeluargaSIP perhatikan sebelum liburan ke Turki adalah waktu terbaik untuk mengunjungi negara ini. Turki adalah salah satu negara yang memiliki empat musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Namun waktu terbaik mengunjungi Turki adalah pada musim semi yakni bulan April – Mei, dan musim gugur September – November.

Pada musim tersebut, cuaca di Turki cenderung bersahabat sehingga membuat pengalaman wisata menjadi lebih menyenangkan. Saat musim semi atau gugur, KeluargaSIP bisa menyaksikan bunga bermekaran di taman atau menikmati pemandangan daun yang berubah dan berguguran. Oleh karena itu, musim semi dan gugur adalah waktu yang ideal untuk KeluargaSIP menjelajahi keindahan alam Turki.

3. Mata Uang Turki

Jenis Mata Uang yang digunakan juga bisa menjadi hal berikutnya yang perlu KeluargaSIP perhatikan sebelum liburan ke Turki. Mata uang resmi yang digunakan di Turki adalah Turkish Lira (TRY). Oleh karena itu, KeluargaSIP harus menukarkan mata uang Rupiah (IDR) ke Turkish Lira untuk memudahkan kebutuhan transaksi kalian selama berada disana. KeluargaSIP bisa mendapatkan mata uang turki dengan menukarkannya di beberapa money changer di Indonesia.

Cara lainnya adalah dengan membawa a mata uang Dollar Amerika atau Euro dan menukarkannya dengan Turkish Lira di money changer yang tersedia di Turki. Selain itu, KeluargaSIP juga dapat menggunakan kartu ATM internasional untuk menarik tunai dalam mata uang lokal di Turki. Pastikan untuk memeriksa biaya transaksi dan konversi mata uang yang mungkin dikenakan oleh bank atau penyedia kartu kredit sebelum melakukan transaksi di luar negeri.

4. Pilihan Akomodasi

Hal lainnya yang perlu KeluargaSIP perhatikan sebelum liburan ke Turki  adalah pilihan akomodasi yang tersedia. Di Turki sendiri, tersedia berbagai pilihan akomodasi penginapan mulai dari hostel, apartemen, hingga hotel bintang dengan beragam harga. Untuk biaya menginap di hostel biasanya lebih terjangkau, sehingga menjadi pilihan yang baik bagi backpacker atau wisatawan dengan anggaran terbatas.

Selain itu, apartemen juga merupakan opsi akomodasi yang populer di Turki. Harga sewa apartemen bisa bervariasi tergantung lokasi dan fasilitas yang disediakan, namun biasanya lebih terjangkau daripada hotel. Untuk penginapan yang lebih mewah dan nyaman, hotel bintang adalah pilihan akomodasi yang tepat karena menawarkan fasilitas yang lengkap dan kenyamanan yang lebih dibandingkan dengan hostel dan apartemen. 

5. Kartu SIM

Memiliki kartu SIM lokal Turki, juga bisa menjadi pilihan tepat yang bisa KeluargaSIP persiapkan sebelum liburan ke Turki. Untuk mendapatkannya, KeluargaSIP bisa membeli kartu SIM di bandara atau toko operator seluler dengan membawa paspor karena umumnya dibutuhkan untuk pembelian kartu SIM. Di Turki, terdapat beberapa operator seluler seperti Turkcell, Vodafone, dan Turk Telekom yang menawarkan paket data dan layanan komunikasi dengan harga dan cakupan yang berbeda.

Oleh karena itu, pastikan KeluargaSIP memilih paket data yang sesuai dengan kebutuhan selama di Turki. Biasanya terdapat paket data harian, mingguan, atau bulanan dengan kuota data yang bervariasi. Dengan memiliki kartu SIM lokal di Turki, KeluargaSIP dapat tetap terhubung dengan keluarga dan teman, mengakses internet untuk mencari informasi, menggunakan aplikasi navigasi, serta melakukan update media sosial selama liburan

6. Istanbul Kart

Hal terakhir yang perlu KeluargaSIP perhatikan sebelum liburan ke Turki adalah memiliki Istabul Kart. Kartu ini adalah kartu pintar yang sangat berguna bagi wisatawan yang ingin menjelajahi kota Istanbul dengan transportasi umum secara praktis. Istanbul Kart dapat digunakan untuk membayar biaya transportasi umum di Istanbul, termasuk bus, metro, tram, dan ferry sehingga KeluargaSIP tidak perlu repot membeli tiket secara terpisah setiap kali menggunakan transportasi umum.

Istanbul Kart dapat dibeli di stasiun transportasi umum, mesin penjualan khusus, dan toko-toko khusus yang menjual kartu ini. Kartu pintar ini dapat membantu KeluargaSIP menghemat waktu dan uang, karena tidak perlu mengantre serta dapat menikmati tarif yang lebih murah dibandingkan dengan membeli tiket perjalanan satuan. Dengan menggunakan Istanbul Kart, wisatawan dapat menjelajahi berbagai tempat menarik di Istanbul dengan lebih mudah, nyaman, dan efisien menggunakan transportasi umum.

Penutup

Demikian informasi yang bisa SIP Travel sampaikan terkait hal yang wajib KeluargaSIP ketahui sebelum liburan ke Turki. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Bagi KeluargaSIP yang ingin mengunjungi Turki kalian bisa wujudkan rencana liburan kalian dengan menggunakan jasa dan layanan dari SIP Travel. Pastinya dengan menggunakan jasa kami, rencana liburan kalian akan lebih mengasyikan dan memberikan pengalaman yang berkesan.

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

  • All Post
  • Akomodasi
  • Aktivitas
  • Atraksi
  • Budaya
  • Hotel
  • Indonesia
  • Informasi
  • Marketing
  • Pedia Indonesia
  • Pedia Internasional
  • Rekomendasi
  • RekomendaSIP Akomodasi
  • RekomendaSIP Kuliner
  • RekomendaSIP Liburan
  • SIPedia Destinasi
  • SIPedia Kuliner
  • Tips Liburan

© 2023 SIP TRAVEL