Jelajahi Citarasa Kuliner Karimunjawa yang Wajib Dicoba!

Sebagai salah satu destinasi favorit di Indonesia, Karimunjawa tidak hanya terkenal karena memiliki keindahan alamnya yang sangat mempesona, tetapi juga memiliki beragam kekayaan kuliner yang luar biasa. Beragam jenis Kuliner Karimunjawa sendiri sudah banyak dikenal oleh para wisatawan karena memiliki cita rasa yang unik dan lezat tentunya

Dengan beragam kekayaan kuliner khas yang terdapat disini. Kali ini SIP Travel membagikan informasi terkait rekomendasi Kuliner Karimunjawa yang tentunya tidak boleh dilewatkan. Penasaran apa saja makanannya? Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1. Pindang Serani

Kuliner Karimunjawa yang pertama dan menarik untuk KeluargaSIP cicipi adalah Pindang Serani. Hidangan ini menggunakan ikan pindang sebagai bahan utamanya, sehingga memberikan rasa yang khas dan gurih pada kuah. Pindang Serani biasanya juga disajikan dengan nasi putih hangat dan lalapan seperti timun dan kemangi.

Pindang Serani biasanya dimasak dengan cara direbus hingga bumbu meresap sempurna ke dalam ikan. Kuah pindang serani kaya akan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, lengkuas, dan cabai. Perpaduan bumbu inilah yang menciptakan rasa asam, pedas, dan gurih yang khas.

2. Bakso Ikan Ekor Kuning

Kuliner Karimunjawa berikutnya yang menarik untuk KeluargaSIP coba adalah Bakso Ikan Ekor Kuning. Hidangan ini terbuat dari ikan ekor kuning segar yang banyak ditemukan di perairan Karimunjawa,sehingga memiliki rasa yang sangat gurih dan alami. Selain itu, kuah baksonya yang kaya akan rempah-rempah juga membuat rasa bakso semakin nikmat.

Bakso ikan ekor kuning biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang segar, mie kuning, tahu, dan sayuran. Perpaduan antara gurihnya bakso ikan dengan segarnya kuah akan memanjakan lidah KeluargaSIP saat liburan di Karimunjawa

3. Ikan Bakar Serepeh

Ikan Bakar Serepeh juga bisa menjadi rekomendasi kuliner Karimunjawa yang menarik untuk KeluargaSIP coba. Hidangan ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari ikan bakar pada umumnya. Ikan dibakar dengan cara tradisional, sehingga menghasilkan aroma asap yang khas dan membuat daging ikan menjadi lebih lembut.

Bumbu yang digunakan pada ikan bakar ini sangat khas, yakni perpaduan antara pedas dan manis, sehingga memiliki cita rasa yang berbeda. Dengan kombinasi bumbu yang khas ini membuat ikan bakar serepeh menjadi sangat lezat dan menggugah selera.

4. Lontong Krubyuk

Kuliner Karimunjawa berikutnya yang bisa KeluargaSIP ketahui adalah Lontong Krubyuk. Jenis kuliner ini adalah salah satu kuliner khas Karimunjawa yang menjadi ciri khas kuliner pulau ini. Hidangan ini memiliki cita rasa yang unik dan segar, sehingga sangat cocok dinikmati di tengah suasana pulau yang santai.

Kuah baksonya yang hangat dan berbumbu, serta isian yang segar membuat lontong krubyuk sangat cocok dinikmati saat cuaca panas. Perpaduan antara kuah bakso yang kaya rempah dengan lontong yang lembut menciptakan cita rasa yang unik dan sulit ditemukan di tempat lain.

5. Tongseng Cumi

Kuliner Karimunjawa yang terakhir dan bisa KeluargaSIP cicipi saat berkunjung ke Labuan Bajo adalah Tongseng Cumi. Bumbu tongseng di Karimunjawa memiliki perpaduan rasa yang khas, antara pedas, manis, dan sedikit asam. Perpaduan ini membuat tongseng cumi terasa sangat nikmat dan berbeda dari tongseng yang biasa kamu temui.

Hidangan ini biasanya dimasak dengan santan sehingga kuahnya menjadi lebih kental dan gurih. Selain itu, Tongseng cumi biasanya juga disajikan dengan nasi putih hangat, lalapan, dan sambal. Oleh karena itu, kombinasi sajian tersebut membuat hidangan ini semakin lengkap dan memuaskan.

Penutup

Demikian informasi artikel terkait rekomendasi kuliner Karimunjawa yang bisa KeluargaSIP coba cicipi. Terima kasih karena sudah membaca artikel ini, semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan KeluargaSIP.

Bagi KeluargaSIP yang ingin berburu kuliner Karimunjawa. Kalian bisa wujudkan rencana liburan kalian dengan menggunakan jasa dan layanan dari SIP Travel. Pastinya dengan menggunakan jasa kami, rencana liburan kalian akan lebih mengasyikan dan memberikan pengalaman yang berkesan.

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

  • All Post
  • Akomodasi
  • Aktivitas
  • Atraksi
  • Budaya
  • Hotel
  • Indonesia
  • Informasi
  • Marketing
  • Pedia Indonesia
  • Pedia Internasional
  • Rekomendasi
  • RekomendaSIP Akomodasi
  • RekomendaSIP Kuliner
  • RekomendaSIP Liburan
  • SIPedia Destinasi
  • SIPedia Kuliner
  • Tips Liburan

© 2023 SIP TRAVEL