Jelajahi Citarasa Kuliner Labuan Bajo yang Lezat dan Wajib Dicoba!

Sebagai salah satu destinasi prioritas di Indonesia, Labuan Bajo tidak hanya terkenal karena memiliki keindahan alamnya yang sangat mempesona, tetapi juga memiliki beragam kekayaan kuliner yang luar biasa. Beragam jenis Kuliner Labuan Bajo sendiri sudah banyak dikenal oleh para wisatawan karena memiliki cita rasa yang unik dan lezat tentunya

Dengan beragam kekayaan kuliner khas yang terdapat di Labuan Bajo. Kali ini SIP Travel membagikan informasi terkait rekomendasi Kuliner Labuan Bajo yang tentunya tidak boleh dilewatkan. Penasaran apa saja makanannya? Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1. Roti Kompiang

Kuliner Labuan Bajo yang pertama dan menarik untuk KeluargaSIP cicipi adalah Roti Kompiang. Hidangan ini merupakan roti khas dari Labuan Bajo yang  Jika dilihat secara sekilas, Roti Kompiang ini memiliki kemiripan dengan roti burger karena terdapat taburan biji wijen pada bagian atas rotinya.  

Perbedaan yang dimiliki oleh Roti Kompiang ini, hanya terdapat pada teksturnya yang sedikit lebih keras dibandingkan dengan roti burger. KeluargaSIP dapat menikmati roti ini dengan secangkir teh hangat, coklat dingin dan kopi panas atau bisa kalian jadikan sebagai oleh-oleh khas Labuan Bajo untuk kerabat dan keluarga di rumah.

2. Rumpu Rampe

Kuliner Labuan Bajo berikutnya yang menarik untuk KeluargaSIP coba adalah Rumpu Rampe. Hidangan ini menjadi salah satu makanan khas dari Nusa Tenggara Timur. Dengan bahan yang berasal dari bagian-bagian pohon seperti bunga pepaya, daun kelor, buah pepaya muda, daun pepaya, serta jantung pisang. 

Saat ini rumpu rampe sering menggunakan kangkung, udang, dan ikan teri sebagai bahan baku pembuatannya. Cita rasa yang dimiliki oleh hidangan ini adalah rasa gurih namun sedikit terdapat rasa pahit. Biasanya, Rumpu Rampe ini dimakan bersama dengan Jagung Bose yang juga merupakan salah satu makanan khas Labuan Bajo.

3. Jagung Bose

Jagung bose juga bisa menjadi rekomendasi kuliner Labuan Bajo yang menarik untuk KeluargaSIP coba. Sesuai dengan namanya, hidangan ini berbahan dasar dari jagung putih. Jagung putih tersebut ditumbuk kasar menggunakan lesung, kemudian dimasak dengan campuran kacang merah, santan serta beberapa bumbu penyedap lainnya.

Kuliner Labuan Bajo ini memiliki citarasa yang gurih, karena menggunakan kacang merah dan santan kelapa pada dalam proses pembuatannya. Jagung Bose ini termasuk dalam olahan hidangan berkuah dan biasanya dihidangkan sebagai pengganti nasi untuk masyarakat Bajo.

4. Rebok

Kuliner Labuan Bajo berikutnya yang bisa KeluargaSIP ketahui adalah Rebok. Jenis kuliner ini merupakan cemilan berupa parutan kelapa yang disangrai dengan tepung terigu atau beras, tetapi tidak terlalu padat seperti kue sagon. Hidangan ini terbuat dari parutan kelapa yang dicampur dengan tepung terigu atau beras dan memiliki tekstur seperti bubuk.

Rebok seringkali menjadi  camilan khas Labuan Bajo yang diburu oleh wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung di Labuan Bajo. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan lezat, sehingga cocok dijadikan sebagai taburan di berbagai olahan manis. Meskipun dijadikan taburan, biasanya rebok dimakan bersama roti susu dan buah alpukat.

5. Nasi Kolo

Kuliner Labuan Bajo berikutnya yang menjadi rekomendasi hidangan untuk KeluargaSIP cicipi adalah Kolo. Hidangan ini memiliki kemiripan dengan nasi bakar pada umumnya. Nasi bakar memang terdapat di setiap daerah, namun Kolo ini memiliki perbedaan yang terletak pada proses pembuatannya yang menggunakan bambu sebagai alas dari nasinya. 

Nasi yang dicampur dengan bumbu rempah akan dimasukan kedalam lubang bambu dan dibakar diatas bara api selama 30 menit. Dengan campuran bumbu rempah serta proses pembuatannya yang dibakar dengan lubang bambu, menghasilkan citarasa berbeda dengan nasi bakar pada umumnya.

6. Sup Ikan Kuah Asam

Sup Ikan Kuah Asam juga bisa menjadi rekomendasi Kuliner Labuan Bajo lainnya yang menarik untuk KeluargaSIP coba. Sebagai wilayah yang terkenal dengan kekayaan lautnya, Labuan Bajo memiliki berbagai hidangan hasil laut yang sangat lezat untuk dinikmati. Salah satu hasil laut yang menjadi makanan khas Labuan Bajo adalah Ikan Kuah Asam. 

Hidangan ini biasanya menggunakan ikan kakap yang dimasak dengan kuah bening yang asam.  Rasa asam yang tersebut berasal dari beragam bumbu rempah-rempah serta belimbing wuluh. Sup Ikan Kuah Asam ini bisanya sering disajikan bersama dengan nasi hangat dan dapat ditemukan di beberapa warung-warung makan di sekitar Labuan Bajo. 

7. Jintan

Kuliner Labuan Bajo yang terakhir dan bisa KeluargaSIP cicipi saat berkunjung ke Labuan Bajo adalah Kue Jintan. Jintan merupakan salah satu kue atau cemilan yang terbuat dari campuran tepung, mentega, telur, jintan. Jika dilihat secara sekilas, bentuk dari kue jintan ini mirip dengan biji ketapang yang merupakan makanan khas Betawi. 

Jintan sendiri menjadi salah satu cemilan yang cukup terkenal di Labuan Bajo, karena memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang renyah. Jika KeluargaSIP tertarik untuk mencicipi rasa dari kue jintan ini, kalian dapat menemukan kue ini di beberapa pasar tradisional yang terdapat di Labuan Bajo.

Penutup

Demikian informasi artikel terkait rekomendasi kuliner Labuan Bajo yang bisa KeluargaSIP coba cicipi. Terima kasih karena sudah membaca artikel ini, semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan KeluargaSIP.

Bagi KeluargaSIP yang ingin berburu kuliner Labuan Bajo. Kalian bisa wujudkan rencana liburan kalian dengan menggunakan jasa dan layanan dari SIP Travel. Pastinya dengan menggunakan jasa kami, rencana liburan kalian akan lebih mengasyikan dan memberikan pengalaman yang berkesan.

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

  • All Post
  • Akomodasi
  • Aktivitas
  • Atraksi
  • Budaya
  • Hotel
  • Indonesia
  • Informasi
  • Marketing
  • Pedia Indonesia
  • Pedia Internasional
  • Rekomendasi
  • RekomendaSIP Akomodasi
  • RekomendaSIP Kuliner
  • RekomendaSIP Liburan
  • SIPedia Destinasi
  • SIPedia Kuliner
  • Tips Liburan

© 2023 SIP TRAVEL