Jelajahi Makanan Khas Yogyakarta yang Enak dan Wajib Dicoba

Sebagai salah satu destinasi populer di Indonesia, Yogyakarta tidak hanya terkenal karena memiliki keindahan alamnya yang sangat mempesona, tetapi juga memiliki beragam kekayaan kuliner yang luar biasa. Berbagai macam makanan khas Yogyakarta sendiri juga sudah banyak dikenal oleh para wisatawan karena memiliki cita rasa yang unik dan lezat tentunya.

Dengan beragam kekayaan kuliner khas yang terdapat di Yogyakarta. Kali ini SIP Travel ingin mengajak KeluargaSIP untuk mencicipi cita rasa makanan khas Yogyakarta yang lezat dan tidak boleh dilewatkan. Penasaran apa saja hidangannya? Simak pembahasannya dalam slide berikut ini

1. Gudeg

Gudeg merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta yang sangat terkenal di Indonesia. Hidangan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak menggunakan santan dalam waktu yang cukup lama. Gudeg biasanya akan disajikan bersama nasi dengan kuah santan kental serta beberapa lauk lainnya seperti ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek. Dengan cita rasa yang cenderung manis, menjadikan gudeg ini sebagai kuliner khas Jogja digemari banyak orang

Meskipun menjadi makanan khas Yogyakarta, tetapi Gudeg ini telah menyebar ke berbagai kota di Jawa Tengah dan bahkan beberapa wilayah di Indonesia lainnya. Kota Solo atau Surakarta juga dikenal sebagai salah satu tempat, selain Yogyakarta yang terkenal dengan sajian Gudegnya. Oleh karena itu, Gudeg telah menjadi bagian dari kekayaan kuliner Indonesia yang terus berkembang dan dihargai oleh masyarakat di berbagai wilayah.

2. Sate Klatak

Rekomendasi makanan khas Yogyakarta berikutnya yang menarik untuk KeluargaSIP cicipi adalah Sate klatak. Sate Klatak adalah sate kambing atau domba yang unik dan sangat berbeda dari varian sate lainnya, karena bumbu utamanya adalah garam dan sedikit merica. Selain itu, tusuk sate yang digunakan untuk memanggang daging terbuat dari besi, bukan menggunakan tusuk sate bambu.

Makanan khas Yogyakarta satu ini biasanya disajikan dengan gulai kambing dan juga nasi panas sehingga menciptakan hidangan yang lezat dan menggoda selera. Bagi penggemar kuliner Indonesia, mencoba sate klatak di Yogyakarta adalah pengalaman yang tak boleh dilewatkan untuk menjelajahi keunikan dan kelezatan kuliner daerah tersebut.

3. Oseng Mercon

Oseng Mercon memang menjadi salah satu makanan khas Yogyakarta yang terkenal dengan tingkat kepedasannya yang tinggi. Hidangan biasanya menggunakan tetelan daging, jeroan sapi, dan kikil sebagai bahan utama. Proses pengolahan melibatkan bumbu-bumbu pedas yang membuat hidangan ini begitu meledak rasa. Bumbu mercon atau cabai rawit merupakan elemen kunci yang memberikan kepedasan pada oseng mercon.

Bagi pecinta pedas, mencicipi oseng mercon di Yogyakarta dapat menjadi tantangan yang menyenangkan. Hidangan ini sering diandalkan sebagai pilihan bagi mereka yang mencari pengalaman kuliner yang penuh dengan sensasi pedas dan nikmat. Dengan citarasa pedas pada hidangan ini memberikan pengalaman kuliner yang berbeda dari berbagai makanan khas Yogyakarta yang umumnya cenderung manis.

4. Bakpia Pathuk

Makanan khas Yogyakarta berikutnya yang menarik untuk KeluargaSIP cicipi adalah Bakpia Pathuk. Bakpia Pathuk memang merupakan salah satu camilan yang sangat populer di kalangan wisatawan saat mengunjungi Jogja. Cemilan ini terkenal dengan kulit tipis dan isian yang beragam seperti kacang hijau, cokelat, keju, dan bahkan durian. Varian rasa ini memberikan banyak pilihan kepada wisatawan yan ingin mencicipi cemilan manis ini. Proses pembuatannya yang cermat dan tradisional juga turut menjadi daya tarik tersendiri. Dengan rasanya yang manis dan variasi rasa yang beragam, membuat Bakpia Pathuk ini menjadi makanan favorit bagi banyak orang yang berkunjung ke Yogyakarta.

5. Sambal Goreng Krecek

Rekomendasi makanan khas Yogyakarta yang terakhir dan menarik untuk KeluargaSIP cicipi adalah Sambal goreng krecek. Sambal Goreng Krecek adalah hidangan khas yang sering menjadi pendamping gudeg di Yogyakarta. Krecek sendiri adalah bagian kulit sapi yang dimasak hingga menjadi renyah, kemudian dimasak dengan bumbu sambal yang pedas. Krecek yang telah dimasak bersama sambal goreng akan memiliki cita rasa pedas, gurih, dan kriuk-kriuk.

Hidangan ini juga sering disajikan bersama tahu, dan tempe yang dimasak dalam bumbu sambal yang terbuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, terasi, dan berbagai rempah lainnya. Dengan cita rasa pedas gurihnya, membuat sambal goreng krecek ini seringkali menjadi pilihan masyarakat untuk menikmati hidangan yang lezat dan pedas di Yogyakarta

Penutup

Demikian informasi artikel terkait rekomendasi makanan khas Yogyakarta yang bisa KeluargaSIP coba cicipi. Terima kasih karena sudah membaca artikel ini, semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan KeluargaSIP.

Bagi KeluargaSIP yang ingin berburu kuliner khas Jogja. Kalian bisa wujudkan rencana liburan kalian dengan menggunakan jasa dan layanan dari SIP Travel. Pastinya dengan menggunakan jasa kami, rencana liburan kalian akan lebih mengasyikan dan memberikan pengalaman yang berkesan.

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

  • All Post
  • Akomodasi
  • Aktivitas
  • Atraksi
  • Budaya
  • Hotel
  • Indonesia
  • Informasi
  • Marketing
  • Pedia Indonesia
  • Pedia Internasional
  • Rekomendasi
  • RekomendaSIP Akomodasi
  • RekomendaSIP Kuliner
  • RekomendaSIP Liburan
  • SIPedia Destinasi
  • SIPedia Kuliner
  • Tips Liburan

© 2023 SIP TRAVEL