Mengulik 5 Fakta Unik Menara Petronas yang Menarik Diketahui

Menara Kembar Petronas adalah salah satu ikon kebanggaan Malaysia yang tak hanya berfungsi sebagai landmark, tetapi juga merupakan pusat bisnis dan tujuan wisata populer yang menawarkan pemandangan spektakuler. Sebagai ikon negara Malaysia, Menara ini tak hanya terkenal dengan kemegahannya yang luar biasa tapi juga menyimpan fakta-fakta menarik yang dapat diketahui. 

Dengan memiliki beragam hal menarik yang bisa diketahui. Kali ini SIP Travel ingin memberikan informasi terkait fakta unik Menara Petronas yang bisa KeluargaSIP ketahui. Penasaran apa saja? Simak pembahasannya dibawah ini

1. Pernah Menjadi Gedung Tertinggi di Dunia

Fakta unik Menara Petronas yang pertama dan menarik untuk KeluargaSIP ketahui adalah pernah menjadi Gedung tertinggi di Dunia. Menara Petronas pernah memegang predikat sebagai Gedung tertinggi di Dunia selama 6 tahun dari tahun 1998 hingga 2004. Berkat kemegahannya, menjadikan gedung ini sebagai ikon arsitektur modern dan kebanggaan Malaysia.

Meskipun saat ini Menara Petronas tidak lagi menduduki posisi puncak sebagai gedung tertinggi di dunia secara keseluruhan, namun statusnya sebagai menara kembar tertinggi di dunia masih tak tertandingi. Kemegahannya masih berdiri kokoh dan menjadi daya tarik wisata utama di Kuala Lumpur.

2. Memiliki Jembatan Skybridge

Fakta unik Menara Petronas berikutnya yang menarik untuk KeluargaSIP ketahui adalah memiliki jembatan skybridge. Hal menarik lainnya dari menara Petronas ini adalah terdapat Jembatan Skybridge yang menghubungkan kedua menara di lantai 41 dan 42. Panjang jembatan skybridge ini diketahui hampir mencapai 60 meter dengan berat 750 ton.

Hal yang unik dari jembatan ini adalah dibangun dengan kondisi tidak tersambung secara permanen. Hal tersebut dibuat dengan desain khusus agar jembatan bisa bergerak fleksibel keluar masuk untuk menyesuaikan diri terhadap goyangan akibat angin kencang demi keamanan.

3. Desain Bangunan yang Bernuansa Islami

Desain bangunan Gedung yang bernuansa islami juga menjadi salah satu fakta unik dari Menara Petronas yang bisa KeluargaSIP ketahui. Menara Petronas ini dibangun oleh seorang arsitek ternama asal Argentina yang mengusung konsep bangunan bergaya arsitektur post-modernisme, dengan pengaruh dari seni Islamik.

Pengaruh seni islamik tersebut dapat dilihat pada bentuk fasad dati Menara ini berupa bintang segi delapan yang mencerminkan elemen bangunan Muslim klasik. Keberadaan penggunaan konsep dan elemen islam ini, juga melambangkan kesatuan, harmoni, stabilitas, dan rasionalitas dalam ajaran Islam.

4. Jumlah Jendela yang Fantastis

Fakta unik Menara Petronas selanjutnya yang menarik untuk KeluargaSIP ketahui adalah memiliki jumlah jendela yang fantastis. Menara Petronas diketahui memiliki jumlah jendela yang fantastis sekitar 32.000 jendela dengan 88 lantai dan total 29 lift berkecepatan tinggi untuk membawa KeluargaSIP berkeliling gedung pencakar langit ini.

Kecepatan liftnya diketahui mencapai 6 meter per detik, sehingga hanya membutuhkan waktu singkat untuk mencapai lantai tujuan. Selain itu, menara ini juga memiliki dua dek observasi yang terletak di lantai 61 dan 86 yang menawarkan pemandangan kota Kuala Lumpur yang menakjubkan

5. Menjadi Lokasi Syuting Film dan Acara Bergengsi

Fakta unik Menara petronas yang terakhir dan menarik untuk KeluargaSIP ketahui adalah seringkali menjadi lokasi syuting film dan acara bergengsi. Kemegahan dari Menara Petronas ini, membuatnya seringkali menjadi lokasi syuting film – film terkenal seperti “Entrapment” dan “KL Gangster 2”.

Selain itu, Menara Petronas ini juga pernah menjadi tempat diselenggarakannya acara-acara bergengsi seperti konser Mariah Carey dan Formula 1 Grand Prix. Berkat bangunan Gedung yang mencapai 452 meter dan desain bangunan modern bernuansa islami, membuat Menara ini menjadi salah satu destinasi yang sering digunakan untuk tujuan komersil.

Penutup

Demikian informasi artikel terkait fakta unik Menara Petronas yang bisa kalian ketahui. Terima kasih karena sudah membaca artikel ini, semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan KeluargaSIP.

Bagi KeluargaSIP yang ingin liburan ke Malaysia. Kalian bisa wujudkan rencana liburan kalian dengan menggunakan jasa dan layanan dari SIP Travel. Pastinya dengan menggunakan jasa kami, rencana liburan kalian akan lebih mengasyikan dan memberikan pengalaman yang berkesan.

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

  • All Post
  • Akomodasi
  • Aktivitas
  • Atraksi
  • Budaya
  • Hotel
  • Indonesia
  • Informasi
  • Marketing
  • Pedia Indonesia
  • Pedia Internasional
  • Rekomendasi
  • RekomendaSIP Akomodasi
  • RekomendaSIP Kuliner
  • RekomendaSIP Liburan
  • SIPedia Destinasi
  • SIPedia Kuliner
  • Tips Liburan

© 2023 SIP TRAVEL