Panduan Pengajuan Student Pass Malaysia yang Bisa Diketahui

Jika KeluargaSIP berencana kuliah di Malaysia, Student Pass adalah dokumen khusus yang dibutuhkan kalian untuk diizinkan menempuh pendidikan di negara ini. Untuk mengajukannya, KeluargaSIP dapat mengajukannya di Education Malaysia Global Services (EMGS)

Bagi KeluargaSIP yang masih bingung, Kali ini SIP Travel akan memberikan informasi terkait panduan pembuatan student pass yang bisa KeluargaSIP ketahui. Penasaran apa saja informasinya? Simak pembahasannya dibawah ini.

1. Menentukan Universitas

Panduan pengajuan visa pelajar Malaysia yang pertama dan bisa KeluargaSIP ketahui adalah menentukan universitas. Sebelum mengajukan visa pelajar, KeluargaSIP harus terlebih dahulu diterima di universitas atau institusi pendidikan yang terdaftar di Education Malaysia Global Services (EMGS).

EMGS sendiri adalah lembaga pemerintah yang menangani segala pengajuan visa pelajar internasional di Malaysia. Setelah diterima di universitas, KeluargaSIP akan menerima Surat Tawaran atau Offer Letter dari institusi tersebut, dimana surat tersebut merupakan syarat utama untuk mengajukan visa pelajar.

2. Pengajuan Student Pass ke EMGS

Panduan pengajuan visa pelajar berikutnya yang bisa KeluargaSIP ketahui adalah mengajukan student pass ke EMGS. Proses pengajuan atau aplikasi dilakukan melalui Education Malaysia Global Services (EMGS) sebagai lembaga pemerintah yang menangani semua aplikasi visa pelajar.

Universitas atau Institusi pendidikan yang KeluargaSIP daftar, biasanya juga akan membantu dalam proses pengajuan Student Pass kalian. Biasanya institusi pendidikan akan memfollow up proses pengajuan visa pelajar KeluargaSIP ke EMGS.

3. Persyaratan Dokumen

student pass malaysia

Mengirimkan dokumen persyaratan juga menjadi salah satu panduan pengajuan visa pelajar atau student pass lainnya yang bisa KeluargaSIP ketahui. Persyaratan dokumen visa pelajar Malaysia umumnya membutuhkan dokumen seperti paspor asli dengan masa berlaku minimal 12 bulan, Fotokopi paspor, dan Offer Letter dari universitas yang terakreditasi,

Selain itu, terdapat juga formulir aplikasi visa pelajar, pas foto ukuran paspor, bukti pembayaran biaya pendaftaran universitas, rekening bank atau sponsor, laporan medis dari instansi kesehatan di Malaysia dan polis asuransi kesehatan (biasanya ditangani oleh EMGS atau universitas)

4. Biaya Pengajuan Visa

student pass malaysia

Panduan pengajuan visa pelajar berikutnya yang bisa KeluargaSIP ketahui adalah terkait biaya pengajuan visa. Biaya visa pelajar sendiri dapat bervariasi tergantung pada negara asal pelajar. Biaya ini sudah mencakup pengurusan Student Pass, biaya medis, serta asuransi kesehatan.

Rincian total biaya pengajuan visa rata-rata berkisar mencapai RM 1,000 – RM 2,000 atau (sekitar 3-7 juta rupiah), tergantung pada lama tinggal dan jenis program studi. Namun, biaya pengajuan visa dapat berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan untuk selalu memeriksa informasi terbaru

5. Pengambilan Visa

Panduan pengajuan visa pelajar Malaysia yang terakhir dan bisa KeluargaSIP ketahui adalah pengambilan visa. Sebelum mengambil visa, KeluargaSIP harus menjalani pemeriksaan medis dalam 7 hari pertama di rumah sakit atau klinik yang terakreditasi di Malaysia.

Setelah laporan medis disetujui dan aplikasi Student Pass disetujui, KeluargaSIP akan mendapatkan Student Pass dalam bentuk stiker di paspor. Masa berlaku Student Pass ini biasanya sesuai dengan durasi program studi, tapi KeluargaSIP perlu memperpanjangnya setiap tahun jika program berlangsung lebih dari satu tahun.

Penutup

Demikian informasi artikel terkait panduan pengajuan visa pelajar Malaysia yang bisa KeluargaSIP ketahui. Terima kasih karena sudah membaca artikel ini, semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan KeluargaSIP.

Bagi KeluargaSIP yang ingin membuat Student Pass. Kalian bisa menggunakan jasa dan layanan dari SIP Travel. Pastinya dengan menggunakan jasa kami, rencana liburan kalian akan lebih mengasyikan dan memberikan pengalaman yang berkesan.

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

  • All Post
  • Akomodasi
  • Aktivitas
  • Atraksi
  • Budaya
  • Hotel
  • Indonesia
  • Informasi
  • Marketing
  • Pedia Indonesia
  • Pedia Internasional
  • Rekomendasi
  • RekomendaSIP Akomodasi
  • RekomendaSIP Kuliner
  • RekomendaSIP Liburan
  • SIPedia Destinasi
  • SIPedia Kuliner
  • Tips Liburan

© 2023 SIP TRAVEL