Panduan Lengkap Biaya Kuliah di Malaysia yang Bisa Diketahui

Kuliah di Malaysia bisa menjadi rencana pendidikan masa depan yang menarik untuk dicoba karena menawarkan biaya pendidikan yang lebih terjangkau. Biaya kuliah di Malaysia sendiri sangat bervariasi tergantung pada universitas, program studi, dan jenis gelar yang dipilih.

Nah sebelum merencanakan kuliah disini, berikut ini, SIP Travel akan memberikan informasi seputar rincian biaya pendidikan yang wajib diketahui. Penasaran apa saja? simak selengkapnya dalam artikel berikut ini

1. Biaya UKT (Tuition Fee)

Kuliah di Malaysia

Rincian biaya kuliah di Malaysia yang pertama dan bisa KeluargaSIP ketahui adalah biaya UKT. Untuk program sarjana di universitas negeri dan swasta di Malaysia. Rata-rata biaya pendidikannya berkisar antara MYR 15,000 hingga MYR 70,000 atau (sekitar Rp 50 juta hingga Rp 230 juta) untuk keseluruhan program pendidikan 3-4 tahun.

Untuk program magister di Malaysia, biaya pendidikannya berkisar antara MYR 15,000 – MYR 50,000 atau (sekitar Rp 50 juta – 165 juta) tergantung pada universitas dan program studi. Sementara biaya program doktor berkisar antara MYR 20,000 – MYR 50,000 atau (sekitar Rp 65 juta – 165 juta) tergantung bidang studi dan lama studi.

2. Biaya Tambahan

Rincian biaya kuliah di Malaysia berikutnya yang bisa KeluargaSIP ketahui adalah terkait biaya tambahan. Salah satu dari biaya tambahan adalah biaya pendaftaran atau aplikasi. Jika aplikasi diterima, KeluargaSIP akan dikenakan biaya penerimaan yang mencakup biaya administrasi dan biaya untuk memproses dokumen-dokumen

Beberapa universitas mewajibkan calon mahasiswa untuk mengikuti ujian masuk yang bervariasi tergantung pada jenis ujian dan universitasnya. Selain itu ada juga biaya penggunaan fasilitas kampus yang mencakup seperti penggunaan laboratorium, biaya kegiatan mahasiswa hingga penyewaan asrama kampus.

3. Biaya Hidup

Biaya Hidup juga bisa menjadi rincian biaya kuliah di Malaysia yang bisa KeluargaSIP ketahui. Untuk biaya sewa tempat tinggal di Kota besar seperti Kuala Lumpur, bisa berkisar antara MYR 500 – MYR 1,500 per bulan atau (sekitar Rp 1,6 juta – Rp 5 juta). Namun, di beberapa kota seperti Johor Bahru atau Penang, biaya sewa bisa lebih rendah.

Biaya makan di Malaysia berkisar antara MYR 10 – MYR 30 (sekitar Rp 35 ribu – Rp 100 ribu) per hari. Sementara, penggunaan transportasi umum seperti bus dan kereta api di kota besar seperti Kuala Lumpur juga cukup murah, dengan biaya bulanan sekitar MYR 100 – MYR 200 atau (sekitar Rp 330 ribu – Rp 660 ribu).

4. Asuransi Kesehatan

Rincian biaya kuliah di Malaysia lainnya yang bisa KeluargaSIP ketahui adalah asuransi Kesehatan. Biasanya, universitas di Malaysia memiliki paket asuransi kesehatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa internasional. Manfaat asuransi kesehatan biasanya mencakup rawat inap di rumah sakit, pengobatan rawat jalan serta kecelakaan pribadi dan biaya darurat.

Biaya asuransi kesehatan biasanya berkisar antara MYR 500 hingga MYR 700 per tahun (sekitar Rp 1,6 juta hingga Rp 2,3 juta). Namun beberapa universitas negeri di Malaysia, juga menawarkan asuransi kesehatan yang didukung oleh pemerintah, yang harganya sedikit lebih rendah dibandingkan paket swasta.

5. Biaya Lain – lain

Rincian biaya kuliah di Malaysia yang terakhir dan bisa KeluargaSIP ketahui adalah terkait biaya lain-lain yang mencakup visa pelajar dan biaya perlengkapan kuliah. Untuk biaya visa pelajar bagi mahasiswa internasional di Malaysia berkisar antara MYR 500 – MYR 1,000 (sekitar Rp 1,6 juta – Rp 3,3 juta) per tahun,

Sementara besaran biaya perlengkapan kuliah sendiri sangat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti program studi, durasi semester dan kebijakan universitas. Namun, secara umum, mahasiswa di Malaysia perlu menganggarkan sekitar RM 500 hingga RM 1000 per semester untuk biaya buku dan perlengkapan

Penutup

Demikian informasi artikel terkait rincian biaya kuliah di Malaysia yang terakhir dan bisa KeluargaSIP ketahui . Terima kasih karena sudah membaca artikel ini, semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan KeluargaSIP.

Bagi KeluargaSIP yang tertarik kuliah di Malaysia. Kalian bisa mengikuti program Study Immersion Project dari SIP Travel untuk mengetahui program dan fasilitas pendidikan di beberapa universitas terbaik di Malaysia yang tentukan memberikan pengalaman wisata dan edukasi yang berkesan sebelum merencanakan kuliah di Malaysia

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

  • All Post
  • Akomodasi
  • Aktivitas
  • Atraksi
  • Budaya
  • Hotel
  • Indonesia
  • Informasi
  • Marketing
  • Pedia Indonesia
  • Pedia Internasional
  • Rekomendasi
  • RekomendaSIP Akomodasi
  • RekomendaSIP Kuliner
  • RekomendaSIP Liburan
  • SIPedia Destinasi
  • SIPedia Kuliner
  • Tips Liburan

© 2023 SIP TRAVEL