Sederet Fakta Menarik Labuan Bajo yang Jarang Diketahui

Labuan Bajo lahir sebagai salah satu pesona Indonesia yang menjadi destinasi super prioritas dengan menawarkan beragam kekayaan serta keindahan alamnya yang sangat indah dan memukau. Namun sebelum keluargaSIP ke pergi ke Labuan Bajo, kalian bisa cek dahulu beberapa fakta menarik dari Labuan Bajo yang bisa diketahui agar menambah informasi


Dengan memiliki beragam hal menarik yang bisa diketahui. Kali ini SIP Travel ingin memberikan informasi terkait fakta menarik Labuan Bajo yang bisa KeluargaSIP ketahui. Penasaran apa saja? Simak pembahasannya dibawah ini.

1. Salah Satu Warisan Dunia UNESCO

Fakta menarik Labuan Bajo yang pertama dan bisa KeluargaSIP ketahui adalah Pulau Komodo sebaga salah satu warisan dunia. Labuan Bajo terkenal sebagai rumah dan habitat bagi hewan langka yang dilindungi secara nasional yaitu Komodo.

Keberadaan dari Komodo saat ini sangat dilindungi oleh pemerintah Indonesia karena jumlahnya yang semakin sedikit. Oleh karena itu, UNESCO dan PBB telah menobatkan Taman Nasional Komodo yang terdapat di Labuan Bajo ini sebagai situs warisan dunia UNESCO dan salah satu tujuh keajaiban dunia.

2. Surga Keindahan Bawah Laut

Fakta menarik Labuan Bajo selanjutnya yang bisa KeluargaSIP ketahui adalah menjadi surga keindahan bawah laut yang indah. Labuan Bajo terkenal sebagai kawasan yang memang memiliki beragam keindahan alam bawah laut dengan kekayaan jenis ikan dan terumbu karang yang indah. Disini, KeluargaSIP bisa bertemu ikan Barramundi, Jackfish, dan ubur-ubur bertentakel biru yang khas.

Beberapa spot snorkeling yang terkenal di Labuan Bajo ini Castle Rock, Manta Point, Batu Bolong Reef, dan Crystal Rock karena menawarkan keindahan bawah laut dengan keragaman aneka biota laut seperti ikan-ikan serta terumbu karang yang cantik. Oleh karena itu, tak jarang wisatawan baik lokal maupun mengunjungi Labuan Bajo untuk melakukan snorkeling atau diving

3. Memiliki Pantai Pink yang Cantik

Adanya pantai berwarna pink juga bisa menjadi salah satu fakta menarik Labuan Bajo yang jarang diketahui oleh banyak orang. Di Labuan Bajo terdapat Pink Beach yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Salah satu daya tarik utama Pink Beach adalah warna pasirnya yang unik oleh adanya organisme mikroskopis bernama foraminifera yang memiliki cangkang berwarna merah muda.

Pink Beach juga menjadi tempat yang populer untuk snorkelling karena perairannya yang jernih sehingga membuat Pink Beach ini menjadi destinasi yang menarik bagi pecinta aktivitas snorkelling. Kombinasi antara warna pasir pink yang unik dengan pemandangan alam yang menakjubkan membuat Pink Beach menjadi tempat yang istimewa bagi wisatawan.

4. Songke Manggarai

Fakta menarik Labuan Bajo selanjutnya yang bisa KeluargaSIP ketahui adalah tentang Kain Songke khas kabupaten Manggarai. Kain ini berupa tenun ikat yang memiliki warna dasar hitam dengan berbagai jenis motif tertentu. Setiap motif yang terdapat pada Kain Tenun Songke ini memiliki makna yang berbeda-beda.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, motif-motif tersebut terinspirasi dari asal usul langit, bumi, dan alam semesta, dimana motif ini menjadi simbol hubungan antara manusia dengan tuhan atau manusia dengan alam sekitar. Selain digunakan untuk kebutuhan pakaian pribadi, kain tenun songke juga dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi oleh masyarakat manggarai.

5. Desa Wisata Wae Rebo

Fakta menarik Labuan Bajo yang terakhir dan bisa KeluargaSIP ketahui adalah terkait Wae Rebo. Desa kecil yang berada di Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur ini menjadi desa wisata terkenal di Labuan Bajo karena menawarkan panorama pemandangan barisan gunung serta hutan todo yang hijau.

Salah satu hal yang unik dan menjadi ciri khas dari Desa Wae Rebo ini adalah rumah adat Mbaru Niang yang terbuat dari kayu dengan bentuk bangunannya seperti kerucut. Berkat adanya keunikan yang terdapat di Desa Wae Rebo tersebut, juga membuat desa ini menjadi salah satu Warisan dunia UNESCO.

Penutup

Demikian informasi yang bisa SIP Travel sampaikan terkait sederet fakta menarik Labuan Bajo yang jarang diketahui. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Bagi KeluargaSIP yang ingin liburan di Labuan Bajo. Kalian bisa menggunakan jasa dan layanan dari Sip Travel. Pastinya dengan menggunakan jasa kami, rencana liburan kalian akan lebih mengasyikan dan memberikan pengalaman yang berkesan.

More info dan reservation

Phone/Whatsapp : +62 811-9955-277

Website : www.siptravel.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

  • All Post
  • Akomodasi
  • Aktivitas
  • Atraksi
  • Budaya
  • Hotel
  • Indonesia
  • Informasi
  • Marketing
  • Pedia Indonesia
  • Pedia Internasional
  • Rekomendasi
  • RekomendaSIP Akomodasi
  • RekomendaSIP Kuliner
  • RekomendaSIP Liburan
  • SIPedia Destinasi
  • SIPedia Kuliner
  • Tips Liburan

© 2023 SIP TRAVEL